Sukses

Nyeri pada Rahang, Mengapa?

01 Apr 2017, 16:38 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya terbiasa mengunyah makanan di rahang kanan saja, akhir akhir ini rahang saya sering berbunyi terutama saat bangun tidur dan menguap.pada suatu pagi tiba tiba rahang kiri saya susah digerakkan, untuk menguap dan makan juga susah.. Lalu saya periksa ke dokter umum. Dokternya bilang itu tidak apa2 mungkin karena saya selalu mengunyah di satu sisi saja Kemudian sudah dikasih obat sama dokter dan alhamdulillah rahang saya sudah bisa dibuka..tapi saya belum berani buka mulut lebar2 tapi saat pagi saya menguap rahang kiri saya ko masih berbunyi "kletuk" ya dok? Apa dok yg harus saya lakukan? Apa saya membiarkan rahang saya seperti ini?

Terima kasih telah bertanya mengenai nyeri rahang menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan kondisi yang Anda uraikan, keadaan tersebut dapat diarahkan pada gangguan sendi rahang. Gangguan sendi rahang atau TMJ disorder (TMD) mempunyai gejala yang khas yaitu kesulitan dalam membuka menutup mulut, dan gejala- gejala khas lainnya yang timbul pada gangguan ini meliputi gerak rahang yang terbatas, gerakan buka tutup mulut yang tidak sesuai jalur atau ada deviasi, Sakit pada daerah wajah, sakit pada leher, sakit pada sekitar sendi rahang, bunyi seperti bunyi klik yang dapat disertai atau tidak disertai sakit pada saat membuka dan menutup mulut, rasa sakit atau tidak nyaman pada saat mengunyah makanan, kekakuan pada rahang, perubahan posisi gigitan gigi atas terhadap gigi bawah,dan ada pula gejala lain yang tidak spesifik seperti sakit pada telinga, kepala dan punggung.

Mengingat pentingnya wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang sesuai, kami sangat menyarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter atau dokter gigi guna menentukan penyebab dan tatalaksana yang sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri rahang, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar