Sukses

Kaki Kapalan dan Mata Belekan

01 Apr 2017, 13:36 WIB
Pria, 40 tahun.

Telapak Kaki kanan saya kapalan..saya kikis dengan pisau cuter... sekarang malah sakit sekali...seolah jebol... apakah penangannya harus operasi ? Apakah ada pengaruh ke mata ? Sebab..mata kiri saya seperti belek'an tapi gak sembuh2 .

Terima kasih telah bertanya seputar kaki kapalan dan mata belekan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kaki kapalan dan mata belekan merupakan dua penyakit berbeda yang tidak berhubungan satu sama lain.

Kapalan disebut juga clavus. Clavus merupakan penebalan kulit karena adanya tekanan dan gaya gesek yang intermiten, umumnya ditemukan pada telapak kaki. Penebalan kulit ini dapat menimbulkan rasa nyeri, dan pada situasi tertentu bisa menyebabkan ulkus. Tekanan atau gesekan berulang tersebut dapat disebabkan oleh cara berjalan serta jenis sepatu yang dipakai. Apakah Anda menggunakan sepatu yang agak sempit dengan bahan yang keras (seperti kulit)? Jika ya, sebaiknya Anda menggunakan sepatu yang lebih nyaman, yang berukuran sedikit lebih besar.

Untuk mengurangi benjolan yang ada dapat digunakan obat-obat tertentu yang bersifat keratolitik, seperti asam salisilat. Di pasaran tersedia juga plester yang mengandung asam salisilat. Sedangkan untuk mengurangi friksi atau gesekan yang ada bisa digunakan bantalan pada sepatu.

Jika dengan cara-cara ini nyeri tetap tidak berkurang dan benjolan dirasa mengganggu, maka perlu dilakukan operasi kecil karena artinya penebalan sudah cukup tebal dan dalam. Anda dapat mengunjungi dokter untuk tindakan bedah minor ini sehingga keluhan Anda dapat segera diatasi.

Mata kotor atau belekan (mengeluarkan sekret) merupakan salah satu gejala dari konjungtivitis. Apabila sekretnya cair maka kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi, bila sekret purulen atau berwarna kekuningan maka disebabkan oleh bakteri, apabila sekret serosa (tidak terlalu kental) maka disebabkan oleh adenovirus. Dan apabila sekret lengket dan memanjang bila ditarik maka kemungkinan disebabkan oleh alergi atau vernal.

Penanganan mata yang kotor pada mata (belekan) akan disesuaikan dengan penyebabnya. Maka, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk pemeriksaan secara langsung. Anda juga dapat membersihkan selalu mata Anda terutama pagi hari dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat, lakukan pemijatan lembut pada sekitar pangkal mata dekat pangkal hidung dan hindari menyentuh mata dengan tangan kotor.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kaki kapalan dan mata belekan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar