Sukses

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

01 Apr 2017, 09:53 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok saya mau tanya anak saya daya ingatnya kurang gimana supaya daya ingatnya kuat dan mudah nangkap?

Terima kasih telah bertanya tentang cara meningkatkan daya ingat anak menggunakan fitur Tanya Dokter.

Para ahli mengatakan bahwa daya ingat anak di bawah usia tiga tahun masih lemah. Oleh karena itu, kebanyakan orang dewasa sukar atau tidak dapat mengingat kejadian saat mereka masih berusia tiga tahun ke bawah.

Lama-kelamaan, daya ingat anak akan semakin menguat seiring dengan bertambahnya usia. Di atas usia tiga tahun, Anda dapat mulai mengasah daya ingatnya dengan berbagai cara.

1. Nutrisi

Tumbuh kembang otak yang optimal tentunya membutuhkan zat gizi yang optimal pula. Anak-anak membutuhkan karbohidrat, protein, dan serat untuk menunjang fungsi otak secara umum. Karbohidrat bisa didapat dari nasi, mi, roti, kentang, jagung, dan serealia. Sementara protein dapat diperoleh dari daging, ikan, kacang-kacangan, dan susu. Serat bisa ditemukan pada buah, sayur, dan serealia.

Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 juga berperan penting dalam pembentukan sel saraf. Asam lemak ini bisa ditemukan dalam biji rami, kacang-kacangan, salmon, makarel, sarden, minyak jagung, dan minyak biji bunga matahari.

Selain itu, otak juga memerlukan kolin – yang terdapat dalam telur – untuk meningkatkan kemampuan penyimpanan memori, berpikir, berbahasa, dan pergerakan motorik.

2. Cukup Tidur

Waktu tidur adalah saat ketika anak menyimpan informasi yang telah ia peroleh selama ia bangun dan beraktivitas. Karena itu, pastikan agar anak mendapat cukup tidur setiap harinya. Anak berusia di bawah empat tahun memerlukan tidur selama 11-12 jam dalam sehari.

3. Latihan

Penelitian membuktikan bahwa untuk meningkatkan memori anak, segala sesuatu harus dilakukan secara berulang. Misalnya, memutar ulang musik, membacakan buku dongeng yang telah ia dengar sebelumnya, atau mengajukan pertanyaan untuk mengingat kegiatannya pada hari itu. Anda dapat menanyakan apa yang diajarkan ibu guru di sekolah pada hari ini, siapa teman yang bermain bersamanya siang tadi, siapa nama anjing peliharaan tetangga sebelah rumah, dan lain-lain.

Di samping itu, memori juga dapat diperkuat dengan cara mengelompokkan atau mengorganisasi. Anda dapat meminta anak untuk membereskan mainan dan bukunya berdasarkan jenis mainannya. Misalnya, buku cerita dimasukkan ke dalam satu rak, buku keperluan sekolah di rak lainnya, dan boneka-boneka disusun di rak tersendiri.

4. Musik dan Bernyanyi

Berdasarkan penelitian, musik adalah salah satu cara ampuh untuk dapat meningkatkan daya ingat anak. Nyanyikanlah lagu-lagu yang menarik dan lakukan secara berulang-ulang. Bernyanyilah saat ia akan pergi tidur, akan mandi, ketika bermain, dan lainnya.

5. Lakukan dengan Gembira

Apa pun kegiatan yang Anda lakukan bersama anak, pastikan agar Anda berdua melakukannya dengan riang gembira. Suasana yang kondusif dan menyenangkan sangat penting dalam pembelajaran anak, agar hasilnya dapat optimal.

Demikian beberapa tips cara meningkatkan daya ingat anak yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar