Sukses

Sering Mual dan Pusing Bila Tidak Sarapan

01 Apr 2017, 08:01 WIB
Pria, 20 tahun.

dokter saya mau tanya, pagi saya sering tidak sarapan jadi kadang saya mual dan pusing ,mualnya kadang berlebihan dok. setelah itu berkelanjutan ketika hendak makan jadi kurang nafsu dan makan nya sedikit, karna mual terus enek gtu dok, dan membuat berat badan saya turun dalam waktu beberapa hari. saya mau makan teratur lagi biar berat bdan saya stabil lagi, tapi mual itu yang membuat saya enek makan ,bagaimana dok sarannya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang mual dan pusing menggunakan layanan Tanya Dokter,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun kami membutuhkan informasi lebih lanjut. Adakah rasa perih di ulu hati? Apakah ada kebiasaan terlambat makan, rajin mengonsumsi makanan pedas atau asam? bagaimana dengan gejala kembung, pernahkan Anda mengalaminya? Bila Anda memiliki gejala-gejala seperti ini maka kemungkinan anda mengalami sindrom dispepsia (dalam bahasa awam: maag).

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja). Salah satu penyebab Anda pusing bila tidak sarapan adalah rendahnya kadar gula darah Anda pada pagi hari, cobalah untuk sarapan dengan teratur

Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Antasid merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang bekerja dengan cepat.

Adapun keluhan pusing yang disertai mual seringkali menjadi gejala vertigo. Apakah pusing yang Anda rasakan seperti berputar? Pusing dan mual juga dapat disebabkan oleh gejala infeksi virus, terutama bila disertai demam, nyeri otot, dll. Kelelahan dan kurang istirahat juga dapat menyebabkan gejala yang sama. Mengingat begitu banyaknya penyebab pusing dan mual, maka sebaiknya ditentukan penyebabnya lewat pemeriksaan dan wawancara secara langsung oleh dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar mual dan pusing. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar