Sukses

Berdebar-debar Setelah Minum Obat

01 Apr 2017, 06:18 WIB
Pria, 43 tahun.

Mohon petunjuk dan saran dari dokter, saya penderita hypertensi baru sadar dan minum obat dan herbal 2 tahun belakangan ini. Jenis obat yang saya minum Captopril 12.5 mg dan Amlodipin 5 mg tensi saya 180/110 bahkan 2 tahun lalu pernah tertinggi mencapai 200/113. Saat ini saya jarang minum obat ataupun hebal secara rutin, tapi kenapa setiap saya minum obat dalam waktu 15 menit kedepan saat bereaksi obat tersebut kepala saya selalu pusing dan jantung berdebar, hal tersebut saya alami hingga 3 jam bahkan lebih, sehingga menganggu aktifitas kerja saya dikantor. Saat ini obat yang saya konsumsi yaitu : 1. Simvastatin 10 mg (1×1) stelah makan siang 2. Captopril 12.5 mg (1×1) 2 jam stelah makan siang 3. Amlodipin 5 mg (1×1) sore menjelang malam. Hal itu bisa hilang saat saya mencoba untuk tidur 1 jam (dirumah saat libur kerja) tapi kalo dikantor sangat menganggu. Dokter, Yang ingin saya tanyakan adalah ; 1. Apakah saya harus stop minum obat tersebut dan apa gantinya obat yang tidak membuat kepala saya pusing ? 2. Bagaimana aturan minum diantara daftar obat yang saya konsumsi saat ini ? Demikian pertanyaan saya. Mohon penjelasannya dari Dokter. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya tentang berdebar-debar setelah minum obat.

Keluhan berdebar-debar setelah minum obat bukanlah hal yang wajar terjadi. Ada kemungkinan hal tersebut karena efek samping obat atau penyakit lain yang menimbulkan gejala berdebar-debar.

Sayang sekali kami tidak memeriksa Anda secara langsung. Untuk memastikan sakit yang Anda alami, pemeriksaan langsung oleh dokter sangatlah penting. Kami menyarankan Anda ke dokter terdekat.

Mengenai cara minum obat, sebenarnya tidak ada aturan yang wajib, tergantung pada kondisi klinis pasien. Namun pada umumnya, obat antihipertensi dikonsumsi pada pagi hari, sementara obat penurun kolesterol umumnya diminum pada malam hari sebelum tidur.

Demikian penjelasan tentang berdebar-debar setelah minum obat. Semoga bermanfaat..

0 Komentar

Belum ada komentar