Sukses

Dampak Kekurangan Jumlah Gigi di Usia Dewasa

30 Mar 2017, 23:49 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mau nanya soal gigi,,, saya kan punya 15 gigi atas sama 15 gigi bawah, terus gigi atas saya yg bagian belakang kanan ada gigi yg tumbuh ketika saya periksa itu benar gigi tapi tumbuh nya baru sedikit,,, jadi gimana itu dok? bukannya kalau kita udah dewasa gigi kita tidak mungkin numbuh lagi ,, terus normalnya gigi itu berjumlah 32 sedangkan saya 30 ,, apa itu tidak masalah nantinya dok?

Terima kasih telah bertanya mengenai dampak kekurangan jumlah gigi di usia dewasa melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda kami ingin sedikit menjelaskan mengenai jumlah gigi dewasa. Jumlah gigi pada orang dewasa terdapat 16 pada rahang bawah dan 16 pada rahang atas. Pada masing-masing rahang terdapat 4 gigi seri, 2 gigi taring, 4 gigi graham kecil dan 6 gigi graham. Gigi tetap akan mulai tumbuh pada usia 6 tahun sampai pada usia 12 tahun, kemudian gigi graham bungsu akan mulai tumbuh pada usia 17-21 tahun. Namun tumbuhnya gigi graham bungsu sering bermasalah dimana penyebabnya bersifat multifaktorial. Kadang gigi tersebut tidak keluar sama sekali dan terkadang hanya keluar sebagian dengan posisi yang tidak normal.

Dalam kasus anda, dugaan kami kurangnya jumlah gigi tersebut adalah karena gigi geraham bungsu anda tumbuhnya bermasalah, dimana posisinya bisa horizontal, miring, atau terpendam. Diperlukan pemeriksaan secara langsung dan rontgen panoramic untuk dapat memastikannya. Hasil pemeriksaan tersebut dapat digunakan untuk menentukan apakah gigi geraham tersebut akan berpotensi menimbulkan masalah atau tidak. Kami sarankan untuk memeriksakan keadaan gigi anda ke dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis bedah mulut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai dampak kekurangan jumlah gigi di usia dewasa, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar