Sukses

Nyeri Pinggang dan Urine Keruh

31 Mar 2017, 19:24 WIB
Wanita, 27 tahun.

Mlm dok saya mau tanya, akhir" ini pinggang saya sering sakit trus pipis saya jga keruh dan bau amis,kira" knp ya dok? Terimakasih

Terima kasih Anda telah mengajukan pertanyaan mengenai nyeri pinggang dan urine keruh melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Warna urin sangat dipengaruhi oleh hidrasi, yaitu berapa banyak air yang kita minum. Bagaimanakan dengan warna urin Anda, apakah lebih pekat, kemerahan seperti air cucian daging, putih keruh? Bagaimanakah konsumsi cairan Anda sehari-hari?

Bila air yang dikonsumsi sedikit maka urin akan pekat, yang membuat perubahan warna menjadi gelap. Cobalah untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 1-2 L sehari, dan cobalah untuk mengkonsumsi air putih sebelum tidur, coba amati urin Anda di pagi hari.

Keluhan lain yang Anda rasakan adalah adanya nyeri pinggang. Nyeri pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. Bila karena otot atau tulang biasanya terdapat riwayat jatuh atau penggunaan posisi tubuh yang kurang tepat/salah.

Sulit bagi kami untuk memastikan penyebab dari perubahan warna air seni dan nyeri pinggang yang Anda alami karena minimnya keterangan yang Anda berikan. Karena selain air seni keruh Anda juga mengeluhkan nyeri pinggang yang juga dapat mengindikasikan adanya gangguan pada ginjal, maka kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis urologi untuk mengetahui kondisi ginjal dan saluran kemih Anda serta memastikan penyebab timbulnya keluhan tersebut. Akan diperlukan beberapa pemeriksaan seperti tes darah dan urinalisis untuk menilai fungsi ginjal Anda.

Demikian informasi mengenai nyeri pinggang dan urin keruh. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar