Sukses

Tak Kunjung Hamil, Mungkin Ada Gangguan Kesuburan.

31 Mar 2017, 15:34 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok mau tanya ya, saya sudah pernah hamil tapi anak saya meninggal hidupx cuman 1 minggu... tapi sudah 2 tahun ini belum hamil2 juga dok.... kenapa ya dok... ????? Makanan ap yg Bagus untuk meningkatkan kesuburan pria n wanita

Terima kasih telah menanyakan mengenai gangguan kesuburan melalui fitur Tanya Dokter.

Bila pasangan suami istri tidak mencapai kehamilan setelah 12 bulan atau lebih melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi, padahal sudah pernah hamil/ punya anak sebelumnya, hal ini merupakan kondisi infertilitas sekunder, atau secara awam disebut gangguan kesuburan.

Penyebab infertilitas dapat disebabkan oleh laki-laki maupun wanita. Penyebab infertilitas pada laki-laki secara garis besar dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
1. Kondisi dimana jumlah, bentuk, dan pergerakan sperma menjadi buruk (varikokel, paparan toksin dan bahan kimia, paparan radiasi)

2. Kondisi dimana sperma tidak dapat dikeluarkan (ejakulasi dini, sumbatan saluran semen)

Penyebab infertilitas pada wanita dapat disebabkan oleh :
1. Kelainan ovulasi (produksi sel telur)
2. Kelainan rahim (kanker, endometriosis, mioma, perlekatan rahim ke organ dalam perut)
3. Sumbatan saluran telur

Pemeriksaan penyebab infertilitas pada sebuah pasangan dilakukan oleh kedua pihak baik pria dan wanita. Untuk menentukan penyebab infertilitas pria dapat dilakukan dengan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan untuk menentukan penyebab infertilitas wanita dapat dilakukan antara lain dengan USG, HSG (Histerosalpingografi) untuk menentukan ada tidaknya sumbatan saluran telur, analisa hormon, dan laparoskopi (teknik melihat ke dalam perut tanpa tindakan pembedahan besar).

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan kandungan atau dokter spesialis kebidanan kandungan subspesialisasi fertilitas. Selain itu bergaya hidup sehat dapat memperbaiki metabolisme tubuh Anda, seperti olahraga teratur, makan makanan sehat, tidak merokok,serta tidak mengkonsumsi alkohol.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang gangguan kesuburan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar