Sukses

Penyebab Demam Hilang Timbul

31 Mar 2017, 05:04 WIB
Pria, 20 tahun.

Kenapa tubuh saya sering sekali terkena demam?

Terimakasih telah bertanya seputar demam hilang timbul melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Demam merupakan tanda bahwa tubuh melakukan perlawanan terhadap sesuatu. Sesuatu itu bisa merupakan virus, bakteri, atau yang lainnya. Umumnya, demam merupakan reaksi terhadap adanya infeksi. Adanya demam menunjukkan alarm tubuh berjalan baik.

Demam yang hilang timbul bisa disebabkan oleh infeksi yang tidak lazim. Infeksi virus pada umumnya hanya berlangsung selama 1 minggu, paling lama 2 minggu. Infeksi bakteri bisa lebih lama, tapi bila segera diobati dengan antibiotik, demam tidak akan muncul lagi karena kumannya sudah mati dengan obat-obatan tersebut. Pada infeksi yang tidak lazim, kemungkinan kuman kebal terhadap obat-obatan, atau kuman tersebut memiliki selubung khusus sehingga sulit ditembus oleh obat-obatan yang umum dipakai. Contohnya pada infeksi tuberkulosis.

Di samping itu, demam yang hilang timbul juga dapat disebabkan oleh penyakit autoimun dan tumor.

Untuk memastikan penyebab demam, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan juga melakukan pemeriksaan darah untuk menunjang diagnosis. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar demam hilang timbul. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar