Sukses

Cara Mencegah Kehamilan

31 Mar 2017, 12:59 WIB
Pria, 18 tahun.

Saya sudah nikah dok tapi saya belum siap untuk punya anak tapi saya juga tidak mau pake kb.nah pertanyaan saya"saya sudah telat haid 1minggu.cara alami agar saya tidak jadi hamil itu apa dok??

Terima kasih telah bertanya tentang cara mencegah kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun, bila Anda telah telat haid yang diakibatkan oleh hamil maka yang dapat kami sarankan ialah tetap mempertahankan kehamilan. Bila Anda berhubungan seksual dengan suami Anda hingga menyebabkan telat haid maka kemungkinan besar sudah terjadi kehamilan, yang artinya kehamilan sudah tidak dapat dicegah karena sudah terjadi pembuahan sel telur oleh sperma.

Namun, lain halnya bila telat haid yang Anda alami bukan disebabkan oleh kehamilan. Untuk kedepannya Anda dapat menggunakan metode senggama terputus (Teknik penarikan penis dari vagina sebelum ejakulasi, kira-kira 1 detik sebelum ejakulasi terjadi) dan pantang berkala (Menghindari berhubungan tubuh pada sebelum, saat dan 24 jam sesudah masa subur (ovulasi)) sebagai kontrasepsi (KB) alami. Selain itu, jika Anda belum ingin memiliki anak cara terbaik untuk mencegahnya ialah dengan menggunakan kondom, KB pil, KB suntik ataupun spiral.

Kontrasepsi adalah metode pengaturan kehamilan yang berfungsi untuk menunda atau mencegah kehamilan. Jika Anda menggunakan kontrasepsi, maka kemungkinan untuk hamil akan kecil sekali. Meskipun demikian, masih tetap ada sedikit kemungkinan untuk dapat hamil.

Persentase kegagalan berbeda-beda untuk setiap jenis kontrasepsi. Kondom jika digunakan dengan benar dan tidak sobek memiliki efektivitas 98%. Angka kegagalan pil KB berkisar antara 0,1%-5%. Angka kegagalan spiral hanya 0,8%, dan lain-lain.

Terdapat suatu metode yang disebut kontrasepsi darurat dengan cara minum pil sebagai kontrasepsi darurat, pil ini akan efektif jika digunakan dlam 72 jam pertama setelah berhubungan seksual, dan dosis kedua diberikan 12 jam kemudian. Cara ini terbilang efektif, tingkat kehamilannya kurang dari 3 persen. Namun tetap kurang efktif dibandingkan dengan cara KB yang sudah ada dan metode ini tidak lagi bermanfaat apabila kehamilan sudah telanjur terjadi.

Kontrasepsi darurat tidak boleh dipakai sebagai metode KB secara rutin atau terus menerus. Kontra indikasinya adalah hamil atau tersangka hamil. Untuk itu lakukanlah dulu pemeriksaan kehamilan sebelum menggunakan KB pil hormonal ini.

Demikian informasi tentang cara mencegah kehamilan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar