Sukses

Pola Hidup Sehat untuk Mantan Pecandu Alkohol

31 Mar 2017, 10:32 WIB
Pria, 24 tahun.

selamat sore dok sebelum nya terimakasih atas kesempatan bertanya nya dak waktu yg telah di luangkan untuk membaca dan melihat keluhan saya ini,, dengn hormat bapak,ibu dokter ; saya ingin mengungkap kan sedikit tentang kehidupan saya yang kelam, sekitar dua tahun yang lalu saya adalah seorang yg nakal Alkoholik parah bahkan saya pernah mengonsumsi obat obatan, hari demi hari kehidupan saya seperti itu, kisaran hampir2tahun saya lalui hidup yg tak sehat tersebut,, hingga akhirnya saya sakit bisa dibilang cukup parah dan disitu pun saya baru terfikirkan akan hal2yg sudah saya lewatkan selama ini,, saya merenungkan betapa bayak yang hal yg sudah saya sia siakan di dunia ini, orang tua, sodara, bah kan seseorang yg saya cintai, dan carer,, saya saat itu amat sangat terpuruk,, tak satupun orang yang memperhatikan kondisi saya saat itu bahkan keluarga pun enggan dan sukar menengok kondisi saya saat itu,, karena sakit yg saya derita saya sadari atas perbuatan saya sendiri,, dengan kondisi saya yang demikian saya tak mau putus asa, saya terus dan terus berusaha seperti apa pun akan saya coba ini belum berakhir, di sinilah saya sadari ketika kitak tak punya siapa2 cuma ALLAH SWT. satu satunya yg selalu memerhatikan kondisi kita & seperti apapun kondisi kita, saya memulai untuk mendekatkan diri saya,, merenungi, dan perlahan untuk memperbahiki diri, saya malu Di bawah sujud saya, saya terus coba hingga jawaban dari renungan saya perlahan saya temukan saya terus mencoba memperbahiki diri saya tak perduli apapuk yg di katakan lingkungan dan orang2 terhadap saya, saya terus mencoba hingga perlaha kepercayaan dari keluarga terutama dari kedua orang tua saya terimakasi banyak juga dari orang yg paling saya cintai dan sayangi karena berkat support dari merekalah yang terus menyongsong kaki saya untuk terus melangkah seberat apapun yg harus saya hapi jika ingin lebih baik, terus tegag kan kepala seterpuruk apapun, itu dan alahamdulilah hingga saat ini saya terus berjuang untuk bisa lebih baik lagi InsyaALLAH,, :-) saya, alhamdulilah sudah berhenti mengonsumsi alkohol akan tetapi masih merokok Paling engga sehari 2btg,, dan saya akan terus berusaha,, meugkin begitu panjang tulisan ini hingga binggung dimana letak pertanyaan saya,, :-), saya cuman mau bertanya dok setelah lepas dari alkohol apakah yg mungkin harus rutin saya lakukan mungkin itu berupa pola hidup atau serupa nya,, terimakasih bnya dokter :-):-) sedikit coretan jawaban anda sangat berharga buat saya sekali lagi terimakasih..

Terima kasih telah bertanya tentang bagaiaman pola hidup yang sehat untuk mantan pecandu alkohol melalui fitur Tanya Dokter.

Kami sangat mengapresiasi niat dan usaha Anda untuk berhenti dan bebas dari alkohol serta menginginkan pola hidup yang sehat. Kami ucapkan selamat karena Anda mampu berhenti secara total dari konsumsi obat terlarang dan alkohol. SEmoga Anda juga bisa berhenti merokok secara total.

Pada pecandu alkohol, sering ditemukan gangguan pada hati, jantung, pancreas dan perdarahan saluran pencernaan. Penggunaan alkohol secara rutin dapat menyebabkan gangguan pada berbagai organ dan juga dipercayai menjadi salah satu penyebab kanker yang sedang diteliti. Istilah penyalahgunaan alkohol yang sering digunakan adalah alkoholism .

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk menilai apakah terjadi gangguan atau masalah kesehatan pada tubuh Anda akibat konsumsi obat terlarang dan alkohol. Pemeriksaan yang perlu dilakukan dilakukan diantaranya pemeriksaan fisik secara langsung dan menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium, terutama fungsi hati. Jika ternyata ada masalah, maka semakin cepat diatasi tentu semakin baik.

Lalu, apa saja pila hidup sehat yang dapat dilakukan untuk mantan pecandu alkohol?

  • Berhenti mengkonsumsi alkohol dan tidak coba-coba kembali mengkonsumsinya
  • Olahraga secara teratur 2-3x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya. Pilihlah olahraga yang bersifat memacu kerja jantung seperti berenang, lari, bersepeda, senam, dsb
  • Konsumsi makanan sehat, perbanyak buah dan sayuran. Hindari makanan dengan kadar lemak tinggi. Alkohol dapat memicu perlemakan hati atau fatty liver, konsumsi lemak berlebih juga berisiko menyebabkan fatty liver.
  • Alihkan perhatian dengan melakukan aktifitas atau hobi Anda, misalnya olahraga, menulis, bermain musik, membuat kerajinan, beribadah dan sebagainya.
  • Perhatikan lingkungan pertemanan Anda, jauhkan diri Anda dari lingkungan yang kurang baik.
  • Berhenti merokok
  • Istirahat atau tidur cukup, minimal 7-8 jam/hari

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pola hidup sehat untuk mantan pecandu alkohol. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar