Sukses

Kuku Jempol Bernanah

31 Mar 2017, 10:30 WIB
Pria, 17 tahun.

Permisi dokter,mohon penjelasannya Awalnya kuku jempol kaki saya terinjak teman saya pada waktu saya tidak memakai sepatu sedangkan teman saya pakai..lalu kuku jempol kaki saya dioperasi untuk dicabut setelah sudah selesai kata dokter nya sudah sembuh..sekitar 1 bulan kuku saya sudah tumbuh kembali..kurang lebih 2 bulan sudah seperti biasa tapi ketika kurang lebih dibulan ketiga kuku saya mengeluarkan nanah lalu saya potong dan saya bersihkan pakai air hangat tetapi sampai saat ini masih belum sembuh juga padahal sudah kurang lebih 4 bulan..kadang kadang keluar darah dan baunya tidak enak..setiap hari saya bersihkan pakai air hangat lalu saya beri betadine..tetapi tetap saja dari dulu seperti ada lukanya yang tidak kering kering...kalo tersenggol juga rasanya agak sakit.. Cara yang tepat mengalami kejadian seperti ini bagaimana Mohon penjelasannya Terimakasih dokter

Terima kasih telah bertanya tentang kuku jempol bernanah melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan Anda adalah jari jempol kaki yang bengkak dan bernanah di kuku. Apakah ini terjadi pada kedua jempol kaki? Atau hanya salah satu? Sebelah kanan atau kiri?

Berdasarkan riwayat yang Anda ceritakan, nampaknya Anda mengalami infeksi pada kuku jari kaki. Kami sarankan Anda kembali ke dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter spesialis bedah umum untuk pengobatan tuntas. Bila dokter Anda menyarankan untuk dilakukan pembedahan kuku ulang maka memang sebaiknya dilakukan pembedahan karena infeksi yang tidak diatasi dengan tuntas dapat terus menyebar. Bahkan bisa menyebar sampai ke otot dan tulang.

Selain itu, pembedahan kuku diperlukan untuk memberi kesempatan agar terjadi proses penyembuhan yang tidak terganggu jaringan yang sakit. Jangan takut kuku tidak tumbuh lagi, karena setelah pembedahan kuku maka kuku biasanya akan tumbuh kembali dalam 6 bulan. Perawatan infeksi harus dilakukan dengan maksimal sesuai instruksi dokter. Pencegahan perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan kaki, memakai pelindung kaki (sepatu tertutup) dan menjaga agar kaki tetap kering (tidak lembab).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kuku jempol bernanah. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar