Sukses

Makanan untuk Ibu Hamil
30 Mar 2017, 14:25 WIB
Pria, 26 tahun.

Dokter, selamat siang .. saya sudah positif hamil usia 6 minggu waktu cek dokter minggu lalu. saya berusaha menjaga kehamilan saya, hanya saja terkadang ada pemikiran kurang tenang berkaitan dengan berat badan saya. adakah saran dari dokter ttg makanan yg harus saya makan atau tidak, berkaitan dengan janin saya agar tidak terganggu karna berat badan saya. Terimakasih Dokter.

Terima kasih telah bertanya seputar makanan saat hamil menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sayang sekali Anda tidak menginformasikan berat badan Anda saat ini dan sebelum hamil. Apakah Anda berniat menurunkan atau menaikkan berat badan?

Berikut adalah makan yang mengandung asam folat tinggi :

1.Kacang-kacangan. Kacang-kacangan bukan hanya mengandung tinggi asam folat akan tetapi juga nutrisi penting lainnya seperti kalsium, vitamin D dan juga protein yang kesemuanya sangat penting untuk tubuh kita. Dalam satu cangkir kacang mengandung sekitar 180 mikrogram folat, jumlah tersebut hampir setengah dari jumlah kebutuhan asam folat harian anda.

2.Buah jeruk. Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini memang sangat menyegarkan terutama jika dikonsumsi pada saat cuaca panas, jeruk mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk memperkuat sisitem imun kita. Bukan hanya vitamin C saja, ternyata buah jeruk juga mengandung asam folat yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

3.Hati hewan. Makanan yang satu ini biasanya sering dihindari karena mengndung tinggi lemak dan juga kolesterol, mungkin mereka menghindari makanan yang satu ini karena hanya melihat dari sisi negatifnya saja, padahal ada keuntungan yang bisa anda dapatkan saat mengkonsumsi hati yaitu memiliki kandungan asam folat yang sangat baik. Walaupun hati memiliki kandungan asam folat sebaiknya bagi ibu hamil lebih baik tidak menkonsumsinya karena hati masuk dalam daftar makanan yang menyebabkan keguguran terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

4.Sayur bayam. Sayur bayam merupakan makanan sumber vitamin yang sangat baik karena berperan sebagai antioksidan penting. Mengkonsumsi bayam juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena memiliki kandungan asam folat yang sangat diperlukan selama masa kehamilan.

5. Asparagus. Makanan ini kaya akan kandungan asam folat, dalam 1 cangkir asparagus mengandung 79 mcg. Makanan ini sangat baik terutama jika dihidangkan dalam keadaan dikukus setangah matang, karena nutrisi yang ada di dalamnya masih terjaga.

 

Makanan yang harus dihindari :

1. Jangan makan daging mentah(sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga Ecoli yang berbahaya bagi ibu hamil.

2. Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang di makan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing karena mengandung toksoplasmosis.

3. Jangan makan daging ayam dan telur yang di masak kurang matang atau mentah, hindari makanan hati ayam atau daging yang mungkin sumber salmonella yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga harus di perhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

4. Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah yang besar.
5. Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined, cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.

6. Jangan minum-minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin dan juga problem emosional pada bayi.

7. Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh, sebaiknya dihindari atau di batasi karena kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga bisa mengurangi penyerapan zat besi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar