Sukses

Cairan Bergerak di dalam Mata (Eye Floaters) Pasca Trauma
30 Mar 2017, 08:07 WIB
Pria, 26 tahun.

dok.. mata saya memerah, dan menjadi buram sebelah kanan, setiap saya gerakan seperti ruku. didalam bola mata hitam, seperti ada cairan yang bergerak mengikuti, itu terjadi setelah saya tersenter bola futsal. apakah yang terjadi dengan. mata saya, apakaq cidera serius? dan bagaimana langkah cepat untuk penanganan yang baik

Terima kasih telah bertanya tentang cairan bergerak di dalam mata (eye floaters) menggunakan fitur Tanya Dokter

Untuk mengetahui penyebab pasti mata merah, buram dan cairan bergerak pada mata Anda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter mata mengingat terdapat riwayat trauma pada mata Anda sehingga dapat diberikan penanganan secara cepat dan tepat.

Cairan atau bayangan bergerak di dalam mata bisa merupakan "eye floaters". Eye floaters merupakan endapan di dalam lapisan vitreous mata yang seperti kaca. Gejala yang dikeluhkan umumnya seperti noda-noda hitam yang mengambang atau melayang di dalam penglihatan ketika kita melihat ke sekeliling. Eye floaters dapat muncul hanya pada 1 mata atau di kedua mata.

Dalam mata terdapat ruang besar berisi cairan / gel vitreous yang biasa disebut badan kaca. Cairan ini merupakan bagian dari media refraksi dan umumnya berwarna jernih. Bila terbentuk deposit/endapan dari cairan vitreous, deposit itu akan mengambang dan tampak seakan-akan benda tersebut melayang di depan mata. Ketika mata bergerak dari satu sisi ke sisi lain atau ke atas dan ke bawah, helai-helai, endapan, atau kantung-kantung ini juga berpindah posisi di dalam mata, sehingga membuat bayangan-bayangan yang bergerak dan tampak mengambang atau berombak-ombak.

Jika eye floaters muncul secara mendadak, langsung banyak, amuncul saat terkena kilasan cahaya (flashing lights), hilangnya penglihatan samping, bisa jadi itu merupakan tanda retina yang sobek dan memerlukan perawatan untuk mencegah retina lepas (retinal detachment/ablasio retina).

Eye floaters dapan menghilang seiring dengan berjalannya waktu atau akibat posisi endapan yang bergeser sehingga tidak terlihat lagi.

Untuk memastikan tidak ada penyebab lain atau kelainan pada mata Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi tentang cairan bergerak di dalam mata (eye floaters) kami sampaikan.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar