Sukses

Kolesterol Darah Tinggi, bahayakah?

29 Mar 2017, 16:59 WIB
Pria, 27 tahun.

Halo tim dokter benecol, kenalkan saya danu dan usia saya baru menginjak 27 tahun di hari ini. Semenjak 2 tahun lalu, saya sering mengalami pusing/ sakit kepala. Usut punya usut, saya memiliki hipertensi dan tensi nya 160/90. Dari hari itu sampai hari ini saya di minta untuk mengkonsumsi catropil 12,5 mg/ hari. Namun beberapa hari ini sudah turun karna saya cek terus menggunakan alat pengukur hipertensi digital. Yang mau saya tanyakan, terkadang hipertensi saya kambuh sehingga terasa ga enak di bagian pudak dan kepala. yang mau saya tanyakan, apakah ini ada kaitannya dengan kolesterol? apakah saya harus megurangi pola makan saya? Lalu apabila saya mengkonsumsi benecol, berapa kali sehari saya harus mengkonsumsinya? Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda mengenai kolesterol darah di fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya, peningkatan kadar kolesterol darah seringkali tidak memberikan gejala apapun. Penanda objektif untuk kondisi kolesterol adalah pemeriksaan Trigliserida, HDL, LDL, serta Kolesterol total. Jadi selain angka kolesterol total perlu juga diketahui profil lipid mendetil (Trigliserida, HDL, LDL). Kolesterol yang tinggi disebabkan oleh konsumsi lemak yang tinggi. Selain itu terdapat faktor keturunan. Apakah Anda memiliki keturunan kolesterol di keluarga?

Nyeri di pundak memang sering diartikan mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, terkait dengan Anda ? jawabannya bisa iya atau tidak. Sayang sekali kami tidak dapat memberikan jawaban dengan pasti karena tidak dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, oleh karena itu kami sarankan Anda ke dokter penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (profil lipid)

Hubungan antara nyeri pundak dengan kolesterol bisa disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah tersebut. Aliran darah yang tidak lancar juga disebabkan adanya penyumbatan pembuluh dari kolesterol.

Secara umum, nyeri pada leher dan pundak biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama, ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher. Selain itu, nyeri juga dapat dipengaruhi keadaan-keadaan di bawah ini:

Penggunaan otot-otot leher yang berlebihan, misalnya oleh posisi leher yang salah selama aktifitas sehari-hari, yang dapat menyebabkan nyeri leher dan ketegangan otot yang kronis, biasanya nyeri semakin dirasakan bila terjadi pergerakan leher yang dapat disertai oleh nyeri kepala, kaku otot, dan keterbatasan pergerakan otot.
Proses degeneratif dari diskus tulang belakang biasanya disebabkan oleh proses penuaan.
Herniasi diskus tulang belakang (hernia nukleus pulposus/HNP): dapat menekan saraf pada tulang belakang yang memicu nyeri pada leher dan kesemutan pada tangan
Beberapa penyakit seperti peradangan sendi pun dapat menyebabkan nyeri pada leher


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kolesterol darah, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar