Sukses

Vagina Bau Tidak Sedap

27 Mar 2017, 14:19 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat pagi dok... saya mau bertanya... saya sudah pacaran selama 7 tahun... dan selama 7 tahun tsb saya sudah melalukan hub suami istri... setelah menikah saya berencana memili buah hati... 3 bulan belakangan ini saya mulai melakukan hubungan suami dan istri pada saat masa subur... tetapi... kenapa setelah melakukan bungan 2 hari nya lagi keluar bau tidak sedap mirip bau tai cicak/telur busuk... tetapi setelah masa subur selesai bau tsb tidak muncul lagi dengan sendirinya siklus haid saya selalu teratur... saya takut dok... mohon di bantu jawabannya...

Terima kasih telah bertanya tentang vagina berbau menggunakan layanan Tanya Dokter

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah terdapat keputihan? Keputihan yang tidak normal dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada daerah vagina.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau tidak sedap tersebut antara lain:

  • Gunakan celana dalam yang terbuat dari katun
  • Hindari penggunaan celana yang sempit
  • Hindari produk yang menggunakan pewangi untuk membersihkan vagina
  • Ganti pembalut secara berkala
  • Makan buah dan sayuran secara teratur
  • Buang air kecil dan cuci segera kemaluan setelah berhubungan intim untuk membersihkan area vagina dari bakteri

Untuk memastikan penyebab vagina yang berbau dan keputihan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan tentang vagina berbau. Semoga membantu.

Salam sehat selalu,

0 Komentar

Belum ada komentar