Sukses

Pipi Kanan Membengkak

26 Mar 2017, 18:08 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok. Saya maw nanya pipi kanan dan kiri atas tepatnya di bawah kelopak mata terasa bengkak trus kelopak mata juga sedikit warna hitam. Saya juga susah tidur malam hari dok, selain itu saya kepala juga sedikit pusing serta saya juga ada indikasi sakit maag. Pertanyaan saya apa itu efek dri sakit maag iya dok?

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan pipi bengkak menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Aktivitas yang berlebihan pada rahang dapat membuat otot penutup rahang mengalami ketegangan. Pada umumnya kondisi ini bila tidak disertai gejala lain, dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Namun pada kondisi yang berat, maka dapat disertai gangguan pada organ telinga. Hal ini dikarenakan otot pengunyahan dan otot telinga tersebut dipersyarafi oleh nervus trigeminal yang sama. Keluhan tersebut yang paling lazim diantaranya:

tinitus
Sakit kepala, leher, dan punggung
Pusing atau vertigo, atau migrain
Sakit telinga
Gangguan pendengaran
Gangguan penglihatan
Rasa sakit pada sinus
Bunyi pada sendi rahang
Coba Anda ingat-ingat apakah Anda memiliki kebiasaan buruk lainnya (selain kejadian makan jagung tersebut) seperti mengerat gigi pada saat tidur malam, atau terbiasa makan/mengunyah satu sisi, atau ada tambalan yang perlu diperbaiki atau membuat kontak antara gigi atas dan bawah Anda pada satu titik tertentu lebih berat daripada daerah lainnya.

Kondisi tersebut dapat membuat otot pengunyahan dan sendi rahang bekerja lebih berat sehingga dalam jangka waktu lama dapat mengarah kepada kelainan sendi rahang.

Kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter THT atau dokter gigi spesialis prosthodonti yang cukup mendalami masalah sendi rahang (TMJ), sehingga dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada kondisi gigi geligi Anda serta sendi rahang.

Demikian, semoga informasi ini tentang keluhan pipi bengkak dapat bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar