Sukses

Flu Saat Hamil

26 Mar 2017, 17:58 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamualaikum dokter. Saya mau bertanya,saya sedang hamil 6 minggu.selama hamil saya merasa lemas,selera makan berkurang,sering pusing dan saya juga sedang flu sudah hampir 1 bulan lebih dan tiap kali melakukan aktivitas badan saya gemetaran dan langsung keringat dingin.pertanyaan saya dok,apa dampak buruk bagi ibu hamil terserang flu dan bagaimana mengatasinya sedangkan saya tidak bisa minum obat flu dari dokter dan vitamin.tiap kali minum obat selalu muntah bagaimana solusinya supaya pertumbuhan janin saya tidak terhambat krena tidak minum vitamin.adakah makanan yang bagus dikonsumsi agar kebutuhan asam folat dan vitamin lainnya terpenuhi kecuali minum obat.tolong kasih tau detail makanan yang bisa memenuhi semua kebutuhan vitamin untuk perkembangan janin,terima kasih dok.ditunggu jawaban dari dokter.

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan flu saat hamil menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pilek pada ibu hamil umumnya disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun, kurang asupan cairan, dan kurang istirahat. Memang tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan, dan umumnya bervariasi untuk setiap usia kehamilan. Untuk keluhan hidung tersumbatnya dapat dihisap atau dioleskan mentol atau minyak kayu putih pada kulit dekat lubang hidung.

Selain itu, perlu diperhatikan mengenai pemenuhan kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi banyak buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hidung terasa sangat tersumbat, dapat diberikan uap hangat dari baskom yang berisikan air panas.

Apabila disertai keluhan demam, Anda juga dapat mengonsumsi obat analgetik asetaminofen yang aman bagi ibu hamil pada semua trimester kehamilan. Yang terpenting Anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter Anda setiap hendak mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena tingkat keamanan obat berbeda-beda sesuai dengan usia kehamilan.

Untuk penanganan yang tepat, kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda untuk dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Untuk bahaya atau tidaknya bergantung dari penyebab flu itu sendiri.

 

Demikian informasi tentang keluhan flu, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar