Sukses

Operasi Fistula Ani
22 Mar 2017, 02:06 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya habis operasi fistula ani 6 hari yang lalu.. kenapa 2 hari belakangan ini ko klo saya buang angin/kentut ketika BAB seperti keluar di luka bekas operasi.. yg saya tanyakan apakah itu normal karena operasi fistula tidak di jahit ? Untuk gangguan lain si tidak saya rasakan seperti nyeri atau demam tingggi.. apakah ini normal atau gmn dok.. mohon saran

Terima kasih telah menanyakan tentang fistula ani melalui fitur Tanya Dokter.

Fistula ani adalah suatu kondisi di mana terjadi hubungan antara saluran pembuangan kotoran dengan dunia luar yaitu kulit. Hal ini bisa terjadi karena adanya radang di sekitar anus yang kemudian terbentuk abses (bisul) yang selanjutnya bisul pecah dan terbentuk saluran yang menghubungkan kulit dengan saluran usus besar. Bila terjadi fistula ani, selain melalui anus, kotoran juga dapat keluar melalui lubang pecahan bisul ini.

Pengobatan untuk fistula ani adalah dengan melalukan operasi untuk menutup saluran yang mengubungkan antara kulit dengan saluran cerna tersebut. Selain itu, diperlukan juga pemberian obat-obatan seperti antibiotik dan antinyeri.

Bila ada sensasi keluar angin dari daerah luka operasi saat Anda buang angin, sebaiknya Anda segera kembali berkonsultasi dengan dokter yang melakukan operasi. Hal ini penting untuk memastikan luka operasi Anda menutup dengan baik.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang fistula ani. Semoga keluhan Anda segera dapat tertangani dan Anda segera pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar