Sukses

Nyeri Tulang pada Penderita Diabetes

18 Mar 2017, 01:18 WIB
Wanita, 72 tahun.

dok ibu saya sakit diabet 320 hsl lab sesudah puasa & menderita osteoarithis sy sdh coba beberapa rs n resep obat pereda nyeri tp ibu saya msh merasa kesakitan dok di tulang sendi smw anggota bdn pinggul,pundak,lutut & kaki sampai2 nangis teriak & tdk tdr selama 3 hari 3 mlm saya mao tnya apa ada resep obat yg ampuh utk pereda pengapuran ini yg bila di konsumsi tdk menaikan gula darah ibu saya dok ? trima ksh ibu saya pun sdh saya ksh hi bone/suplemen tulang

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda akan kondisi ibu Anda.

Ketika seseorang mengalami diabetes, ia memang berisiko lebih tinggi mengalami gangguan tulang dan sendi. Faktor-faktor seperti kerusakan saraf, pembuluh darah akibat kadar gula yang terlalu tinggi pada diabetes dan berat bedan berlebih memperparah gangguan tulang dan sendi yang terjadi.

Osteoartritis adalah salah satu bentuk peradangan sendi yang paling sering muncul pada penderita diabetes tipe 2. Biasanya ini dikarenakan penderita diabetes tipe 2 pun mengalami berat badan yang berlebih.

Sedangkan osteoporosis adalah pengapuran tulang akibat usia, yang dapat dipercepat dengan adanya diabetes.

Untuk mengatasinya yang terutama harus mengurangi berat badan (jika memang tergolong gemuk) dan gula darah harus terkendali. Profil gula darah puasa ibu Anda masih sangat tinggi dan sepertinya belum terkontrol. Regimen obat diabetesnya harus diperbaiki dan dosisnya disesuaikan. Kami sarankan agar ibu Anda dibawa kontrol ke dokter yang menanganinya. Jika memungkinkan bawalah ke spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik (SpPD-KEMD).

Untuk nyeri sendinya saat ini bisa menggunakan pereda nyeri seperti ibuprofen atau ketoprofen. Selain itu lakukan pula aktivitas fisik ringan seperti berjalan dan konsumsi makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D.

Gangguan sendi yang dialami akan semakin memburuk jika tidak dilakukan perbaikan gaya hidup. Kondisi ini tidak bisa sembuh tetapi sangat bisa diperlambat perburukannya.

Untuk informasi lebih lanjut seputar diabetes dapat Anda baca di sini: Informasi Terkait Diabetes.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar