Sukses

Obesitas, Bolehkah Melakukan Olah raga Lari?

18 Mar 2017, 09:11 WIB
Pria, 34 tahun.

Apakah olah raga lari aman dilakukan oleh saya dengan BB 92.5 Kg, untuk menurunkan berat badan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda

Olah raga lari dapat dilakukan bagi orang yang mengalami kegemukan ataupun obesitas. Tidak ada larangan bagi orang yang kelebihan berat badan untuk melakukan olah raga lari.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika Anda belum terbiasa lari, maka lakukanlah olahraga mulai dari jalan cepat selama 15-20 menit terlebih dahulu, lalu semakin lama intensitasnya semakin ditingkatkan. Jangan sungkan untuk beristirahat dan minum bila Anda mengalami kelelahan karena tubuh Anda tentunya membutuhkan penyesuaian bila baru memulai suatu kegiatan olahraga.

Olah raga lain yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik  renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Menurunkan berat badan bukanlah sesuatu yang mudah, diperlukan komitmen dan motivasi yang kuat dari Anda. Senantiasalah berpegang pada motivasi tersebut hingga target Anda tercapai dengan baik. Dan yakinlah pada kemampuan Anda, bahwa kerja keras Anda tentunya akan mendatangkan sesuatu yang baik di kemudian hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar