Sukses

Nyeri Otot setelah Lompat Tinggi

18 Mar 2017, 08:58 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok setiap saya lompat dari tempat yg cukup tinggi lalu mendarat, otot di antara testis dan anus itu terasa seperti kram. Apakah itu normal ?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Nyeri yang dirasakan setelah lompat dari tempat tinggi kemungkinan disebabkan oleh posisi kaki yang salah saat mendarat atau bisa juga disebabkan oleh nyeri otot setelah aktivitas berat yang mendadak seperti yang terjadi pada olahraga tanpa pemanasan. Pastikan tidak terjadi cedera pada bagian tersebut dengan merabanya, apakah ada bagian yang sakit saat ditekan? Apakah ada bengkak atau memar? Anda bisa melakukan beberapa kiat berikut untuk mengurangi keluhan tersebut:

  • Kompres daerah yang nyeri dengan menggunakan kantong berisi air es atau es batu.
    Lakukan pemijatan.
  • Istirahat.
  • Bila nyeri sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat penghilang nyeri seperti aspirin atau ibuprofen.
  • Mengonsumsi suplemen omega-3 seperti yang terkandung pada minyak krill. Minyak krill mengandung banyak asam lemak omega-3, EPA (eicosapentaenoic acid), dan DHA (docosahexaenoic acid). Selain itu, minyak krill juga mengandung asam lemak omega-6, antioksidan yang tergolong karotenoid yang dinamakan astaxanthin, dan substansi yang dinamakan phospolipid. Minyak krill mampu mengatasi inflamasi pada otot yang merupakan penyebab timbulnya nyeri.

Jika keluhan masih berlanjut atau memburuk, saran kami segera periksakan ke dokter spesialis orthopaedi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar