Sukses

Keringat Dingin di Telapak Tangan dan Kaki

18 Mar 2017, 08:56 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, kenapa yaa.. Telapak tangan dan telapak kaki saya sering keringat dingin. Usia bayi saya sekarang 4 bulan.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Telapak tangan dan kaki yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga.

Hiperhidrosis palmar termasuk hiperhidrosis yang lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi (cemas atau gugup). Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh hiperaktivitas sistem saraf simpatis yang meningkatkan kerja kelenjar keringat.

Menurut American Academy of Dermatology, hiperhidrosis palmaris dapat diterapi dengan beberapa cara, antara lain adalah:

Teknik Iontophoresis : Tangan diletakkan di dalam larutan berisi elektrolit dengan elektrik kadar rendah. Dapat efektif untuk kasus ringan.
Suntikan Botulinum tipe A pada daerah yang berkeringat
Suntikan ini diberikan untuk mengurangi jumlah keringat
Merupakan terapi yang efektif selama 4-8 bulan
Suntikan ulang perlu dilakukan lagi di kemudian hari
Obat minum (resep dokter)
antikolinergik
penghambat beta --> untuk hiperhidorosis yang terjadi karena stres
Operasi: Endoscopic Thoracic Sympathectomy (ETS)
Tindakan pemotongan saraf simpatis yang mengalami hiperaktivitas
Hanya dilakukan bila cara konvensional tidak berhasil
Prosedur ini dilakukan pada hiperhidrosis berat yang gagal dengan pengobatan lainnya

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Mengenai psikis terjadi karena faktor psikologis (stres). Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke Dokter Penyakit Dalam untuk evaluasi menyeluruh dan lebih lanjut untuk penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar