Sukses

Sinusitis, Apakah Harus Dioperasi ?

18 Mar 2017, 08:40 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok saya mau tanya, apakah sinus bisa dihilangkan tanpa menggunakan operasi?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya, Pengobatan sinusitis berbeda tergantung penyebabnya. Sinusitis akut yang disebabkan oleh virus tidak akan mengalami efek bila diberikan antibiotik, karena biasanya infeksi virus bersifat self limiting (dapat sembuh sendiri), dan untuk mengurangi gejalanya dapat menggunakan obat antinyeri, obat semprot hidung dekongestan atau pembilasan hidung dengan air garam. Pada sinusitis akut yang disebabkan bakteri, pengobatan tersebut dapat bermanfaat pula namun perlu penambahan antibiotik.

Sinusitis kronis disebabkan lebih karena adanya peradangan dibandingkan dengan infeksi, sehingga penanganannya adalah dengan mengontrol peradangan. Pembilasan hidung dengan air garam dan atau semprot hidung steroid merupakan terapi utama untuk mengatasi gejala sinusitis kronis.

Operasi pada sinus dilakukan bila gejala tidak dapat dikontrol menggunakan pengobatan yang telah diberikan sebelumnya. Operasi yang umum dilakukan adalah functional endoscopic sinus surgery (FESS). Pada operasi tersebut, sebuah alat kecil (endoskopi) masuk ke dalam rongga hidung dan sinus untuk mengarahkan lokasi saat operasi.

Tujuan utama dilakukannya operasi adalah untuk membuat drainase sinus menjadi lebih baik, sehingga lendir dapat keluar dari rongga sinus ke rongga hidung dan udara dapat masuk ke rongga sinus. Setelah operasi, obat-obatan seperti semprot hidung dan pembilasan hidung akan dapat mencapai sinus dengan lebih baik dibandingkan sebelum operasi.

Operasi sinus merupakan salah satu langkah untuk mengatasi sinusitis. Sehingga jangan kaget bila setelah operasi, dokter tetap memberikan obat-obatan seperti semprot hidung bahkan antibiotik, serta tetap menganjurkan pembilasan rongga hidung dengan air garam. Tujuannya adalah untuk mencegah berulangnya sinusitis, sehingga mencegah operasi untuk yang kedua kalinya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar