Sukses

Lepas IUD, Haid Tidak Lancar, Apa Sebabnya?

18 Mar 2017, 05:03 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok waktu sy KB IUD dateng bulan malah lancar 1minggu baru bersih, tp karna suami saya mau nambah momongan akhirnya saya lepas,tp dateng bulan saya malah jd kurang lancar biasa dlm 1bln 1minggu baru bersih ,ini 3hari udah bersih itu knp ya dok..lalu apa kira2 saya masih bs punya anak lagi dok,,apa sebaiknya yg sya lakukan.. terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

IUD (Intra Uterine Device) atau AKDR (Alat kontrasepsi Dalam Rahim) adalah alat yang dimasukkan ke dalam rahim dan mencegah kehamilan dengan cara menganggu lingkungan rahim, dan menghalangi terjadinya pembuahan maupun implantasi.

AKDR termasuk ke dalam kontrasepsi mekanik dimana pencegahan kehamilan dilakukan melalui cara mekanik. AKDR dapat dikombinasikan dengan hormonal sehingga pencegahan kehamilan dilakukan baik secara mekanik maupun dengan cara mengganggu hormonal seorang wanita.

AKDR yang manakah yang Anda pakai?

Apabila murni AKDR mekanik maka seharusnya segera setelah dilepaskan, kehamilan dapat terjadi. Apabila dikombinasikan dengan hormonal maka umumnya akan menunggu kadar hormon di dalam tubuh stabil terlebih dahulu yang memakan waktu 6-12 bulan. Selama kadar hormon dalam tubuh belum stabil, biasanya masih akan terjadi perubahan dalam pola haid.


Demikian, semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar