Sukses

Hasil Lab Ferritin Tinggi

17 Mar 2017, 20:43 WIB
Pria, 6 tahun.

Malam dok, anak saya seminggu demam tinggi, kemarin baru cek lab..umur 6 thn, hasil ferritinnya tinggi 704, hb 13, mch mcv normal. Setaun lalu sempat di cek lab juga dgn hasil ferritin 175 kemudian turun jadi 101 ,fe serum (normal), tibc (normal), hb (13). Yang saya ingin tanyakan, kenapa kadar ferritinnya naik drastis sedangkan hasil darah yg lain normal..terima kasih..

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Feritin adalah zat besi dalam darah. Kelebihan zat besi dalam tubuh dalam dunia kedokteran disebut hemokromatosis. Hemokromatosis biasanya terjadi pada pasien yang mendapat transfusi regular. Namun bisa juga karena genetik. Kelebihan besi pada awalnya akan ditimbun di hati dan retikuloendothelial sistem, namun bila jaringan ini menjadi jenuh, besi mulai ditimbun di organ lain seperti pankreas, testis, jantung, kelenjar endokrin dalam bentuk feritin dan hemosiderin.Tubuh manusia mempunyai kemampuan yang terbatas dalam mengeliminasi kelebihan besi, sehingga bila tidak diterapi dengan kelasi yang adekuat akan terjadi fibrosis, sirosis hati, penyakit jantung (kardiomiopati), diabetes dan gangguan kesuburan. Kardiomiopati merupakan penyebab tersebesar kematian pada hemokromatosis.

Saran kami adalah periksakan anak Anda ke dokter spesialis anak, karena mendiagnosis sebuah penyakit membutuhkan wawancara medis mendalam dan pemeriksaan fisik selain dari membaca hasil lab.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar