Sukses

Lemas dan Pusing Setelah Merokok

17 Mar 2017, 19:52 WIB
Pria, 13 tahun.

kenapa saya kalo berlebihan merokok suka lemes dan pusing?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Ada beberapa informasi yang perlu kami ketahui terkait keluhan Anda. Sudah berapa lama Anda merokok? Berapa batang rokok per hari yang Anda habiskan? Setelah berapa batang kah keluhan lemas dan pusing tersebut muncul? 

Merokok membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan perokok secara umum.

Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 7.000 zat kimia, 200 jenis diantaranya bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, nasofarings, mulut, tenggorokan, rahim, dsb. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan bronkitis kronik. Bukan hanya itu, rokok juga merusak pembuluh darah sehingga terjadi pengerasan dinding pembuluh darah akibatnya perokok dapat mengalami sakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Rokok juga menyebabkan impotensi, menopause dini pada perempuan, dan kemandulan.

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna. Asap rokok mengandung sejumlah zat yang berbahaya seperti benzen, nikotin, nitrosamin, senyawa amin, aromatik, naftalen, ammonia, oksidan sianida, karbon monoksida benzapirin, dan lain-lain. Partikel ini akan mengendap di saluran napas dan sangat berbahaya bagi tubuh. Endapan asap rokok juga mudah melekat di benda- benda di ruangan dan bisa bertahan sampai lebih dari 3 tahun, dengan tetap berbahaya. Ketika hasil pembakaran ini masuk ke dalam tubuh bisa saja menimbulkan efek lemas, pusing, mual, hingga muntah. 

Kami sangat menyarankan Anda untuk berhenti merokok  sekarang juga demi kebaikan diri Anda dan orang diseitar Anda.

Berikut beberapa tautan yang dapat menolong Anda untuk dapat berhenti merokok;

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar