Sukses

Tidak Nafsu Makan dengan Riwayat Sakit Maag

17 Mar 2017, 20:12 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok akhir akhir ini saya sering tidak nafsu makan. Saya sering merasa mual dan perut kembung. Saya jga memiliki maag dok, Apakah menurun nya nafsu makan saya itu karena maag atau cacingan dok tapi perut saya tidak buncit sih dok.. apakah seusia saya masih bisa cacingan dok ?? Siti maemunah, 21 thn

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Keluhan mual dan muntah dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab tersering adalah karena peyakit lambung, dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati dan sensasi sesak nafas. Penyakit maag adalah gangguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering terlambat makan dsb. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda) dan makanan yang terlalu manis.
  • Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Hindari konsumsi soda dan alkohol. Apabila Anda merokok, harap berhenti merokok.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  • Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  • Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.
  • 1-2 jam sebelum tidur sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan besar
  • Anda bisa melakukan olahraga dalam bentuk apapun, yang penting jaga hidrasi Anda

Suplemen Penambah nafsu makan memang tersedia namun masih diperdebatkan apakah memang bermanfaat atau hanya sekedar sugesti. Yang harus Anda pahami saat ini, Anda harus memaksakan diri untuk makan secara teratur, motivasinya bukan untuk memenuhi selera makan Anda namun unruk menjaga kesehatan Anda dan agar Anda terhindar dari penyakit maag berulang

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar