Sukses

Tidak Haid saat Memakai KB 3 Bulan

17 Mar 2017, 19:49 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, saya ikut KB yg suntik 3 bulan setelah suntik yg pertama kali saya menstruasi sampai 1 bulan setelah itu 2 bulan saya tidak menstruasi .. Bagaimana cara nya agar saya menstruasi lagi .. Apakah KB yang saya pakai itu cocok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah tidak haid saat menggunakan KB Suntik 3 Bulan.

 Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens (amenore). Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Jika anda merasa khawatir akibat efek samping yang terjadi dalam tubuh anda, berdiskusilah dengan dokter kandungan Anda mengenai pilihan Metode KB lain yang sesuai tubuh Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar