Sukses

Benjolan di Vagina Kambuh Setelah Dioperasi

17 Mar 2017, 19:48 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, dulu sktr 7 thn yg lalu d bibir vagina saya timbul benjolan yg sprt Dokter blg kista bartholin, tp bedanya pny sy gak hangat, gak sakit juga gak gatal, cuman merasa sangat terganggu aja, akhirnya sy putuskan utk operasi kcl d tmpt Dokter, pas d belah, ternyata dlm nya penuh dgn nanah campur darah yg sgt bau, setelah operasi kcl, sekitar setgh thn ato sethn mulai muncul lg benjolan itu dan tambah besar dr sebelumnya, bsrnya sekitar 1 genggaman tgn, terpaksa sy cek k Malaysia, dan saran dr Dokter situ, srh sy operasi pengangkatan kelenjar, krn klo tdk d angkat kelenjar itu, akan jd kanker rahim, d wkt yg bingung, sy lgsg appointment utk operasi dan sampai skrg ini, sy sendiri juga gak begitu jls, penyakit apa itu, tp setelah operasi pengangkatan kelenjar ini, sdh 6 thn gak prnh timbul lg, terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin

Kami tidak bisa mengatakan dengan pasti gangguan apa yang Anda alami pada vagina Anda saat ini, namun bisa jadi Anda memiliki adenocarcinoma bartholin yang berawal dari kista bartolin sehingga dapat menjadi ganas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar