Sukses

Kulit Terasa Gatal saat Istirahat, Apa Penyebabnya ?

17 Mar 2017, 19:33 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang Dokter, Saya Silvia, saat ini bekerja sebagai karyawan swasta. Belakangan ini kulit tangan dan kaki saya sering gatal. Setelah digaruk pun gatal nya tidak mau hilang. Saya biasa oleskan Caladine cair, bedak tabur, atau lotion untuk menghilangkan gatalnya. Namun hanya untuk sementara besoknya gatal lagi, bahkan sampai iritasi dan brutus dikulit kalau digaruk. Awalnya hanya di pergelangan tangan, sekarang sampai seluruh lengan dan kaki. Rasanya seperti ada yg menusuk dari dalam daging. Herannya, ketika saya di kantor gatal nya tidak terasa, namun baru terasa ketika sampai di rumah. Seringkali gatal hebat ketika saya sedang tidur, yang menyebabkan saya sering terbangun dan jadinya kurang tidur. Kalau saya perhatikan apakah gatal yang saya alami disebabkan oleh suhu/cuaca atau alergi dari tubuh saya sendiri? Mohon penjelasan dan solusi nya, Dok. Terima kasih Salam

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sejak kapan Anda mengalami hal ini ? Kami menduga Anda mengalami gangguan kulit Liken Simpleks Kronis. Liken Simpleks Kronik atau LSK merupakan suatu gangguan gatal pada kulit yang kronik (lama dan berulang). Karena kondisi yang sering gatal dan kemudian digaruk, maka beberapa bagian kulit akan menebal. Kekhasan dari LSK adalah gatal tersebut pada umumnya terjadi di kala istirahat dan menghilang di kala beraktivitas, seperti yang Anda alami sekarang. Penyebab pasti dari LSK belum diketahui. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa LSK dapat berhubungan dengan penyakit kulit lain seperti eksim, psoriasis, atau kulit yang kering. Stres dan kecemasan dapat mencetuskan LSK. LSK umumnya muncul pada usia 30-50 tahun dan lebih sering terjadi pada wanita. LSK terjadi pada daerah kepala, leher, lengan dalam, siku, alat kemaluan, bagian dalam paha, lutut, tumit, dan kaki. Riwayat keluarga yang memiliki eksim, psoriasis, dan neurodermatitis sendiri juga mungkin didapatkan pada pasien dengan LSK. Akan lebih baik apabila Anda melakukan tes alergi untuk melihat apakah Anda memiliki faktor alergi sebagai pencetus dari LSK.

Untuk menghentikan gatal yang berulang ini, Anda juga harus menghentikan menggaruk daerah yang gatal. Memang sangat berat, namun apabila semakin digaruk, akan luka dan semakin gatal. Untuk mengurangi gatal, Anda dapat menutupi daerah yang gatal dengan kain atau bandage (agar Anda tdak menggaruknya di kala tidur, hindari kondisi yang meningkatkan rasa gatal, mandi di air hangat dan gunakan pelembab pada kulit Anda, hindari stres, dan pertimbangkan konseling apabila memang stres dan kecemasan yang mendasari gatal Anda.

Untuk pengobatan Anda dapat mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk memastikan diagnosis untuk kemudian dokter memberikan pengobatan yang sesuai dengan diagnosis masalah kulit Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar