Sukses

Menu Makanan untuk Penderita Maag

17 Mar 2017, 19:27 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok sy penderita penyakit maag/asam lambung tinggi pertanyaan sya,makanan apa yg blh sy makan trs minum energen apakah blh dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Jika Anda memiliki penyakit maag atau gastritis maka Anda tidak dapat makan semua makanan yang diinginkan, karena jika Anda salah makan, maka gejala sakit maag bisa muncul. Berikut makanan yang aman untuk maag Anda :

Buah
Buah mengandung vitamin esensial, mineral, serat, fitokimia dan antioksidan. Jika Anda memiliki penyakit maag atau gastritis, Anda harus mengkonsumsi 2-4 porsi buah per hari. Pilihan yang baik termasuk buah apel atau jus apel, peach, pir, anggur, melon dan kiwi. Rata-rata, satu porsi buah segar dalam ukuran sedang, atau 4 ounces jus buah. Ada beberapa buah yang juga perlu dihindari bagi penderita maag karena rasa asam pada buah dapat mengiritasi lapisan lambung. Buah tersebut diantaranya adalah buah jeruk atau jus jeruk, berries dan buah yang dikeringkan.

Sayur
Sayuran juga kaya nutrisi dan juga dapat membantu dalam menjaga berat badan. Sayuran harus dikonsumsi 2-4 porsi sayuran per hari. Makan 1 cangkir sayuran segar, 1/2 cangkir sayuran yang dimasak, 4 ons jus sayuran atau 2 cangkir salad hijau adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan sayuran dalam diet Anda. Terdapat beberapa sayuran yang dapat memproduksi gas sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa penuh pada perut. Sebaiknya hindari sayuran berikut seperti paprika, kol, sawi, dan kubis.

Produk susu
Tapi jangan pilih sembarang susu. Jika Anda menderita maag dan kebetulan memiliki riwayat intoleransi laktosa (ketidakmampuan mencerna laktosa), maka pilah-pilih produk susu. Pastikan Anda memilih susu yang rendah laktosa. Karena bagi penderita intoleransi laktosa meminum susu yang notabene umumnya tinggi laktosa akan mengakibatkan munculnya gejala kembung (gastritis). Namun ada manfaat susu bagi penderita maag pada khususnya, yaitu produk susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D, yang diperlukan untuk diet sehat. Namun, Anda harus membatasi asupan susu dan produk susu lainnya yaitu hanya untuk 2-3 porsi per hari. Selain itu, Anda harus memilih varietas yang rendah lemak atau bebas lemak. Hal tersebut akan membantu mengontrol produksi asam lambung. Produk susu sebagai sumber vitamin D dan kalsium yang dapat dikonsumsi 1/2 cangkir es krim rendah lemak, 1 cangkir yogurt rendah lemak, 2 ons keju, 4 ons puding, 2 butir telur atau 8 ons susu rendah lemak atau susu skim.

Daging dan ikan
Kebanyakan daging dan ikan ditoleransi dengan baik jika Anda memiliki gastritis. Pilihan terbaik adalah daging tanpa lemak, daging ayam tanpa kulit, dan makanan laut. Anda harus makan 2-4 porsi dan 3 ons per porsinya setiap hari. Hindari makanan yang digoreng, berminyak atau yang mengandung lemak tinggi. Biasanya, metode memasak dengan cara dipanggang adalah cara memasak yang baik.

Gandum
Rata-rata, Anda harus mengkonsumsi antara 6 sampai 10 porsi gandum per hari. Makanan tersebut dapat didapat dari sereal, roti gandum, atau oatmeal adalah contoh yang baik dari biji-bijian dapat diterima. Ukuran porsi yang baik adalah 1 iris roti gandm, 1/2 cangkir sereal yang dimasak, atau 3/4 cangkir sereal kering.

Cairan
Cairan penting untuk membersihkan saluran pencernaan dan melembutkan serat. Anda harus minum antara 6 sampai 8 gelas cairan per hari. Air putih adalah minuman utama, berguna untuk mengisi ulang tubuh Anda, tidak memiliki kalori dan tidak menyebabkan iritasi. Hindari kopi, teh hitam, minuman bersoda, dan alkohol karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut dan iritasi pada lapisan lambung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar