Sukses

Kena Campak Jerman, Bagaimana Mengatasinya
17 Mar 2017, 19:19 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok,adik saya kena penyakit campak jerman..kira" obat yg cocok untuk adik saya itu apa yah?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Rubella atau yang lebih dikenal sebagai campak jerman adalah penyakit virus akut yang menyerang baik anak-anak maupun dewasa termasuk ibu hamil. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah infeksi pada ibu hamil dapat ditularkan pada janin sehingga dapat menimbulkan kecacatan pada anak.

Apa gejala dari rubella? Bercak merah yang ditimbulkan biasanya mulai dari wajah lalu menyebar ke batang tubuh. Sedangkan kelenjar getah bening yang terlibat dan membesar biasanya kelenjar getah bening yang terletak di belakang telinga (postauricular), tengkuk (suboccipital) serta leher (cervical). Dibanding anak-anak, jika virus ini menyerang orang dewasa biasanya mengalami gejala yang lebih berat. Mungkin disertai radang selaput mata (conjunctivitis), pilek yang berat (coryza) dan juga radang sendi (arthritis). Radang sendi ini lebih sering terjadi pada wanita.

Namun umumnya infeksi penyakit ini biasanya tidak menunjukan gejala klinis yang berarti. Gejala yang muncul hanya seperti lemas, tidak nafsu makan, demam sedikit. Virus ini menyebar lewat hubungan yang dekat (close contact) antar individu misalnya dengan orang yang tinggal serumah. Batuk dan bersin juga dapat membantu penyebaran virus ini jika orang tersebut sudah terjangkit.

Jika adik Anda terkena rubella, karena penyakit ini disebabkan oleh virus maka biasanya akan membaik dengan kondisi imunitas tubuh yang terjaga. Periksakan adik Anda ke dokter spesialis anak untuk penanganan yang menyeluruh, dan pastikan di lingkunan semua sudah tervaksinasi rubella, terutama anggota keluarga di rumah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar