Sukses

Bayi Batuk Flu Disertai Muntah

17 Mar 2017, 19:10 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat Sore Dok, Saya memiliki sorg ank berusia 9bln, saat ini sdg terserang batuk berdahak, flu, disertai muntah.. Bdnnya cenderung hangat, tdk panas tinggi (jgn sampai) sdh ke DSA tp blm kunjung sembuh, kiranya obat apakah yg bagus utk ank sy dok? Ato ada obat herbal alami yg bagus, dan dia sk sekali muntah banyakk dok, smp muncrat dr mulutny.. Knp ya dok?, demikian pertanyaan dr sy.. Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Flu atau batuk dan pilek pada anak, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease) dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan memang tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi. Saat ini sudah berapa lama buah hati Anda terkena flu?

Menghirup uap panas banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek. Jagalah lingkungan agar tetap lembab dan jangan sering menggunakan ruangan ber-AC (kering). Penggunaan nebulizer yang berisi larutan saline/NaCl dapat membantu melembapkan saluran napas dan membantu mengencerkan lendir. Pada kasus tertentu dimana terdapat indikasi asma, penambahan bahan aktif lainnya dapat dilakukan namun tentu saja harus melalui pemeriksaan fisik terlebih dahulu oleh dokter.

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar