Sukses

Hasil Lab dengan Diplokokus Gram Positif

17 Mar 2017, 17:51 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, hasil Lab saya begini = Preparat Gram : Ditemukan Diplococcus Gram Positif Preparat GO : Negatip Trichomonas : Negatip Candida : Negatip Lekosit : Negatip Clue Cell : Negatip bagaimanakah diagnosa dokter menurut hasil lab tersebut ? apakah Diplococcus tersebut bisa diatasi dengan antibiotik dan bisa disembuhkan dalam waktu dekat ? Terimakasih banyak dok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sebelumnya, hasil pemeriksaan apakah yang Anda cantumkan? Apakah pemeriksaan sekret uretra? Gejala apa yang Anda rasakan sehingga harus diperiksa sekret uretra? adakah gejala kencing nanah yang Anda rasakan?

Diplococcus gram negatif merupakan morfologi dari bakteri Neisseria gonorrhoeae yang merupakan penyebab penyakit gonore.

Masa inkubasi gonorrhea sangat singkat, pada pria umumnya berkisar antara 2-5 hari, kadang-kadang lebih lama. Pada wanita masa inkubasi sulit untuk ditentukan karena pada umumnya tidak menimbulkan gejala.

Pada pria, awalnya terdapat rasa gatal dan panas di sekitar uretra, saluran yang menghantarkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Selanjutnya, terdapat rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar sekret kental berwarna keruh dari ujung uretra yang kadang-kadang disertai darah. Bila infeksi sudah semakin lanjut, nyeri akan semakin bertambah dan sekret semakin kental dan keruh. Selain itu terdapat nyeri pada waktu ereksi dan terkadang terdapat pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan.

Pada wanita, gejala, kalaupun ada, dapat sangat ringan sehingga penderita tidak menyadarinya. Sebanyak 30%-60% wanita penderita gonore tidak memberikan gejala. Gejala yang timbul dapat berupa nyeri saat buang air kecil, buang air kecil menjadi lebih sering, dan kadang-kadang menimbulkan rasa nyeri pada panggul bawah. Selain itu, terdapat sekret kental dan keruh yang keluar dari vagina.

Antibiotik adalah pengobatan untuk gonore. Pasangan seksual juga harus diperiksa dan diobati sesegera mungkin bila terdiagnosis gonore. Hal ini berlaku untuk pasangan seksual dalam 2 bulan terakhir, atau pasangan seksual terakhir bila selama 2 bulan ini tidak ada aktivitas seksual. Banyak antibiotika yang aman dan efektif untuk mengobati gonorrhea, membasmi N.gonorrhoeae, menghentikan rantai penularan, mengurangi gejala, dan mengurangi kemungkinan terjadinya gejala sisa. Pilihan utama adalah penisilin + probenesid. Tidak dianjurkan untuk mengobati diri sendiri dengan membeli obat diaapotik tanpa adanya resep dari dokter. Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai kepastian diagnosis dan mengenai terapi baik dosis maupun cara pengobatannya.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
AWK

0 Komentar

Belum ada komentar