Sukses

Tulang Nyeri dan Ngilu Saat Udara Dingin

17 Mar 2017, 16:54 WIB
Wanita, 17 tahun.

Pagi dok Nama saya Mhya Keluhan Tulang ngilu dan sakit Gini dok, setiap saya sudah beraktifitas atau cuaca yang dingin. Tulang saya pasti sakit dan ngilu bahkan sampai ke tulang rusuk , itupun sering terjadi biar tidak melakukan aktifitas berat apapun,biasanya kalau kaki dan tangan mulai sakit dan ngilu dan saya tidak bisa tahan bahkan sampai nangis pasti saya minum obat asam mafenamat,Kira kira saya sakit apa ya dok.?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda adalah nyeri dan ngilu pada tulang saat beraktifitas atau cuaca dingin. 

Hubungan antara suhu dingin dan nyeri ngilu tulang sendi memang belum ada penjelasan sebab akibat yang pasti, namun ada beberapa hipotesis (kemungkinan) hal itu terjadi. Ditambah lagi, banyak pasien terutama dengan radang sendi (misal: osteoarthritis) melaporkan bahwa rasa nyeri meningkat jika saat musim dingin. Beberapa ahli mengatakan bahwa kemungkinan hal ini disebabkan oleh adanya perubahan tekanan barometrik/tekanan atmosfer. Jika tekanan barometrik turun, jaringan dalam tubuh akan meregang dan dapat menekan serabut syaraf, terutama syaraf yang sensitif terhadap rangsang nyeri. Hal ini akan menimbulkan sensasi nyeri. Selain itu, saat suhu dingin, pembuluh darah akan menyempit (vasokonstriksi) terutama di daerah perifer (kaki dan tangan) dan akan menyebabkan aliran darah ke daerah tersebut berkurang.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang memang lebih sensiitf terhadap suhu. Asam urat, pada saat fase akut memang dapat menimbulkan nyeri, suhu dingin terbukti dapat memperparah nyeri pada pasien dengan radang sendi. 

Untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda secara pasti terlebih Anda sering mengalami keluhan ini, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar