Sukses

Obat dan Pantangan Makanan Penderita Penyakit Jantung Koroner

17 Mar 2017, 14:46 WIB
Pria, 27 tahun.

Assalamualaikum dok, saya herri dari bandung ingin bertanya. Bapak saya kan menderita jantung koroner. Sekarang sedang perawatan obat kimia dr dokter, obat tradisional apa yg kira2 bisa dikonsumsi oleh baoak saya dok, agar tdk obat kimiawi terus menerus... Serta makanan pantrangan apa saja yg tidak boleh dimakan? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda akan kondisi ayag Anda

Penyakit jantung koroner (PJK) terutama disebabkan oleh proses aterosklerosis (pembentukan plak dalam pembuluh darah) yang merupakan suatu kelainan degeneratif, meskipun dipengaruhi oleh banyak faktor. Karena kelainan degeneratif, maka dengan usia harapan hidup Indonesia yang makin bertambah, jelas bahwa insidensinya akan semakin meningkat. Selain itu seringnya ia menyebabkan kematian mendadak dan menyerang usia yang amat produktif maka PJK menjadi suatu penyakit yang penting.

Penggunaan obat-obatan pada pasien jantung koroner memang dikonsumsi dalam jangka panjang (seumur hidup) hal ini bertujuan untuk mengontrol agar tidak bertambah parahnya penyakit dan terjadi serangan mendadak. 

Yang terpenting adalah modifikasi gaya hidup untuk mengendalikan faktor-faktor risiko yang dapat memperberat penyakit, konsumsi makanan sehat, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan tinggi kolesterol/berlemak, lebih baik kalau makanan dalam bentuk dikukus atau direbus, jika memilih digoreng gunakanlah minyak tak jenuh seperti minyak zaitun, berhenti merokok, dan olahraga teratur. Selain itu batasi konsumsi garam, makanan tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah.

Olah raga sebaiknya jangan yang terlalu berat. Olah raga yang terlalu berat dapat meningkatkan kebutuhan oksigen jantung sehingga dapat mencetuskan iskemia otot jantung/serangan jantung. Olah raga yang disarankan adalah jogging atau jalan cepat minimal 3x seminggu masing-masing 30 menit.

Kami tidak menyarankan konsumsi obat-obatan di luar pengobatan yang diberikan oleh dokter ayah Anda. Perlu diingat bahwa obat dengan kandungan yang tidak diketahui secara medis dan tidak terdaftar dalam BPPOM tidak dapat dijamin efek sampingnya terhadap kesehatan dan ditakutkan dapat memiliki efek samping buruk bagi tubuh.

Kami lampirkan Artikel berikut untuk menambah wawasan Anda " Ingin Jantung Sehat? Konsumsi Makanan Berikut! "


Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

1 Komentar

  • Faninda Widowati

    selamat sore dok. saya mau bertanya nih. apakah tanda² sesak nafas, gampang lelah, badan gemetar itu tandanya penyakit jantung ya dok ? dan apakah penyakit jantung bisa sembuh dok.