Sukses

Ngantuk Setelah Makan

17 Mar 2017, 14:19 WIB
Wanita, 21 tahun.

Bagaimana cara mengatasi rasa ngantuk di pagi hari setelah sarapan? Apakah ada cara sarapan yang tidak menyebabkan ngantuk dok?

Halo! Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Secara umum, ngantuk setelah makan adalah kondisi normal yang bisa terjadi pada setiap orang. Beberapa alasan yang dituding sebagai penyebab kondisi ini, di antaranya:

Jenis makanan yang dikonsumsi

Setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu –seperti nasi, kentang, pasta, roti, atau makanan manis– pankreas akan mengeluarkan insulin. Hal ini menyebabkan menyebabkan asam amino triptofan berpindah ke otak dan meningkatkan produksi serotonin maupun melatonin.

Asam amino triptofan merupakan senyawa yang berfungsi dalam pembentukan serotonin dan melanin yang turut bekerja dala meningkatkan kualitas tidur. Pada akhirnya, timbulah perasaan ngantuk setelah makan.

Porsi makan berlebihan

Makan dalam porsi berlebihan, apalagi jika makanannya tinggi karbohidrat dan lemak, menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk memecah makanan. Akibatnya, rasa ngantuk setelah makan sulit dihindari.

Kurang tidur

Kurang tidur di malam hari membuat Anda kelelahan dan mengantuk di siang hari, terutama setelah makan siang.

Adanya penyakit tertentu

Meski sangat jarang, lelah atau ngantuk setelah makan bisa jadi pertanda adanya penyakit tertentu. Misalnya diabetes melitus, celiac, anemia, gangguan hormon tiroid, intoleransi makanan, dan sleep-apnea.

Ngantuk setelah makan bisa Anda cegah. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, sayur-sayuran, dan gandum atau beras merah.

Selain itu, jangan lupa untuk minum cukup, hindari makanan tinggi gula dan karbohidrat. Jangan lupa, hindari juga makan berlebihan.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar