Sukses

Perdarahan Saat Memakai IUD

17 Mar 2017, 13:36 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, saat ini saya pakai iud. Sudah terjadi beberapa kali, keluar bercak darah di luar masa haid. Hal ini terjadi setiap kali saya mengalami kelelahan. Apakah flek ini ada hubungannya dengan iud? Normalkah kondisi pendarahan yg saya alami? Terima kasih..

Halo, terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Flek atau bercak perdarahan dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah bercak menstruasi, perlukaan, pemakaian IUD, atau karena penyebab lainnya. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan evaluasi pemeriksaan panggul.

Memang, KB IUD memiliki beberapa efek samping, yaitu:

· Perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, saat haid lebih sakit

· Sedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 - 2 hari

· Cairan vagina lebih banyak

· Risiko keputihan lebih besar

Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu. Bila keluhan semakin mengganggu, Ibu/Saudari dapat mengkonsultasikan untuk mengganti jenis KB.

Untuk memastikan lagi kondisi Ibu/Saudari pada saat ini, kami sarankan Ibu/Saudari segera mengunjungi dokter spesialis kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar