Sukses

Buang Air Kecil Berbuih, Bahayakah?

17 Mar 2017, 12:45 WIB
Pria, 39 tahun.

salam, saya mengalami rasa tidak nyaman di seputar pinggang, trus saya cek ke lab hasilnya terdapat protein (+1) 20 serta darah (+1) 10 kemudian beberapa hari kemudian saya cek balik hasilnya semua negatif, tetapi adakalanya ketika buang air kecil berbuih terutama pagi dan malam hari, apakah saya mengalami kerusakan pada ginjal?, jika terjadi kebocoran pada ginjal hingga terdapat protein dalam urin maka setiap buang air kecil dipastikan ada albumin? terimakasih atas jawabannya

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun sebelumnya, kami membutuhkan beberapa informasi tambahan.

Apakah keluhan tersebut pernah berulang?

Apakah terdapat keluhan lain seperti BAK tampak kemerahan, anyang-anyangan, buang air kecil terasa tidak tuntas? Adakah nyeri pinggang, penurunan berat badan, bengkak pada kaki atau sekitar mata, nyeri perut, dan lainnya?

Apakah air seni tersebut berbau menyengat atau berbau khas?

Busa pada urin dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kecepatan saat mengeluarkan urin (saat kencing berjumlah banyak dan dikeluarkan dengan cepat, akan sangat mungkin menimbulkan busa), jumlah asupan cairan Anda, maupun adanya protein pada urin. Dalam keadaan berat dimana terdapat buih pada air seni secara berlebihan dan terus menerus, memang dapat mengindikasikan adanya kadar protein berlebih (albuminuria). Kondisi proteinuria/albuminuria ini memang kerap ditemukan pada penyakit ginjal.

Sulit bagi kami untuk memastikan penyebab dari timbulnya buih pada air seni Anda karena minimnya keterangan yang Anda berikan. Namun jika hanya satu kali dan jumlahnya tidak berlebihan, kemungkinan hanya disebabkan oleh hal-hal normal. Jika busa tersebut selalu nampak setiap Anda buang air kecil, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Untuk mengetahui fungsi ginjal pelru dilakukan pemeriksaan ureum dan kreatinin dalam darah. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar