Sukses

Penanganan Kista Ovarium

17 Mar 2017, 12:45 WIB
Wanita, 22 tahun.

halo dok .. sy annisa 22th belom menikah .. awal sy suka nyeri sblh kiri dkira ISK .. wkt di usg trnyaa ad cairan bebas di cavun douglas.. lalu di rujuk ke obgyn .. cairannya bebas minimal .. bgtu sy kntrol slnjutnya ktnya saya ad kista dan hrus dbersihkan .. krna cairan sy ckup byk .. itu krna apa ya dok .. apa harus di oprasi? efek di oprasi apa ya .. trims

Terimakasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru.

Hingga saat ini belum ada makanan yang terbukti dapat meringankan atau memperberat penyakit kista. Yang penting adalah diet tinggi dengan makanan dengan gizi tinggi, perbanyak sayur, buah dan serat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

1 Komentar

  • Maulana Syahrony

    Dok ,saya mau tanya . saya punya pacar ,dan pacar saya mempunyai kista berukuran 5 cm pas hari ini di usg . Pacar saya setiap mau tidur pasti merasakan sakit yg sangat luar biasa ,rasa mual ,susah buang angin dan bulan januari juga blm haid . Itu solusinya gimana ya dok ? Harus operasi atau tidak?