Sukses

Perkembangan Anak Terlambat

17 Mar 2017, 12:21 WIB
Wanita, 16 tahun.

Assalamualaikum wr. wb saya mau tanya. saya memiliki adik perempuan, berumur 9 tahun. adik saya ini mengalami keterlambatan dalam perkembangan, tidak seperti anak2 lainnya, sudah berbagai cara yg dilakukan orang tua saya, periksa ke dokter, memberi banyak vitamin, dll agar dapat mengejar keterlambatanya. seperti contoh, ia baru bisa berjalan diumur 2 tahun, padahal normalnya itu berumur 10-12 bulan sudah bisa. terus sampai sekarang, dia juga mengalami keterlambatan berbicara, dan berbicaranya belum lancar+masih pelat/pelo. terus adik saya ini cara berpikirnya masih seperti anak kecil yg berumur 3-4 tahunan. masih suka rewel, belum bisa mengerti. belum bisa membaca, dan mengenal warna. akhir2 ini, setiap hari dia selalu berbuat ulah, seperti contoh, membuat anak orang menangis, yah itu yang paling sering membuat ibu saya marahnya memuncak. terus adik saya nangis, dan waktu itu juga, mesti bapak saya membelanya, dan langsung menggendongnya. dan tak jarang kedua orang tuaku sempat beradu mulut. saya tau kalau adik saya yg salah, tp bapak saya sepertinya juga gak mau melihat adik saya menangis. saya hanya bisa diam. melihat ibuk saya yg pusing setiap harinya. melihat Bapak saya yg selalu membela adik saya. dan melihat kelakuan adik saya yg belum bisa mengerti keadaan. pertanyaannya, bagaimana solusi yg tepat untuk kami? dan apa yang menjadi penyebab dari semua ini? ada apa dengan adik saya ini?

Halo, terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebagai informasi, anak dianggap terlambat bicara apabila:

  1. Jumlah kosakata pada usia 18-20 bulan kurang dari 10 kata.
  2. Jumlah kosakata pada usia 21-30 bulan kurang dari 50 kata dan belum ada kata yang dikombinasi
  3. Perkembangan lain seperti pemahaman, kemampuan motorik, kognitif, bermain sesuai usia, tetapi terlambat bicara

Penyebab terlambat bicara beragam, yaitu:

  1. Gangguan pendengaran. Harus diberi alat bantu dengar kemudian dilakukan terapi wicara.
  2. Keterlambatan fungsional. Dimana pola perkembangan kemampuan pemecahan masalah normal serta anak mengerti apa yang orang lain bicarakan. Umumnya karena kurang latihan, terlalu pasif, terlalu banyak bermain sendiri.
  3. Gangguan organ mulut. Yang ini biasanya tidak terlambat, tetapi bicara dengan artikulasi kurang baik. Terapi wicara sangat baik.
  4. Gangguan komunikasi sentral. Anak tidak mengerti apa yang dibicarakan, tidak dapat mengerti orang lain.
  5. Retardasi mental
  6. Gangguan autistik/autisme. Untuk gangguan autistik harus diperbaiki interaksinya dulu melalui terapi perilaku.

Apabila Anda khawatir terhadap adik Anda, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang mendalami tumbuh kembang anak. Dokter akan mencari penyebab keterlambatan bicara yang mendasari.

Demikian informasi yang dapati kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar