Sukses

Nyeri Dada dan Sakit Di Punggung

17 Mar 2017, 11:09 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya sering merasa sakit pada dada dan punggung saya kemudian tangan saya merasa gemetar Sakit ini sudah lama saya alami sejak SD . Kemarin saya melakukan EKG hasilnya normal

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Nyeri yang Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis. Karena hasil EKG Anda normal maka kemungkinan penyakit jantung bisa dihilangkan.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Untuk memastikan penyebabnya harus segera dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar