Sukses

Sakit Mag Akibat Makan Pedas

17 Mar 2017, 09:27 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok..sudah 6 hari setelah hari sabtu pagi saya mengkonsumsi makanan peda di pagi hari dan siang hari setelah itu saya kehujanan di malam hari....sampai saat ini saya merasakan perut sakit mual sakit pinggang dan saya telat haid selama 10 hari

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Yang Anda alami adalah gejala asam lambung naik. Asam lambung bisa meningkat karena beberapa hal, yaitu:

  • Infeksi bakteri
  • Penggunaan antinyeri golongan OAINS (obat anti inflamasi non steroid) seperti ibuprofen, aspirin, piroksikam, meloksikam, metampiron, dll.
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Merokok
  • Diet tinggi asam, pedas, berlemak
  • Stress psikologis

Selain faktor-faktor di atas, asam lambung juga bisa meningkat pada kondisi2 berikut:

  • Penyakit seperti GERD (gastroesophageal reflux disease), refluks asam empedu, penyakit radang usus, dan
  • Stress akibat pembedahan, trauma/cedera, luka bakar, dan stroke akut

Untuk mengurangi asam lambung, utamanya dengan menghindari faktor-faktor pencetus di atas. Untuk mengurangi gejala akut dapat mengkonsumsi obat-obat maag. Selain itu, frekuensi makan juga ditambah. Bila sebelumnya 3x sehari, menjadi 5-6x sehari dengan menambahkan jadwal snack di antara waktu makan besar. Prinsipnya adalah small frequent feeding (porsi kecil namun sering).

Untuk keluhan nyeri pinggang, dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri rujuk, misal pada batu ginjal atau nyeri haid. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. 

Pada kasus Anda perlu dicari apakah keluhan nyeri pinggang ini disertai keluhan lain seperti nyeri saat BAK atau anyang-anyangan. (Baca: Infeksi Saluran Kemih (ISK)).

Terkait haid yang terlambat atau tidak teratur banyak penyebabnya, selengkapnya dapat Anda baca di sini:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar