Sukses

Anak Saya Kurang Gizi?

17 Mar 2017, 09:27 WIB
Wanita, 30 tahun.

Sore dokter Dok anak sy saat ini berusia 12 bulan,berat 7,5kg,berat lahir 2,3 untuk ukuran bb nya banyak yg bilang masih kurang dr usianya.yg mau sy tnyakan apakah boleh anak sy dikasih susu untuk anak yg bb nya kurang dr normal? Adakah vitamin untuk agar napsu makan untuk usianya? Selain itu untuk pertumbuhannya apakah ada masalah dg anak sy jika anak seusianya hanya tumbuh gigi 1 dan rambutnya sangat sedikit.adakah faktor krna anak sy mengkonsumsi susu soya? Tolong dijawab semuanya ya dokter..terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi anak Anda dan akan menjawabnya satu per satu.

1. Berat badan yang kurang

Anak Anda berusia 12 bulan dengan berat 7,5 kg. Dengan kurva WHO anak Anda berada sedikit di atas garis merah. Untuk anak seusianya cenderung gizi kurang. Anak 1 tahun rata-rata memiliki BB 10 kg.

Anda pun dapat menghitungnya di sini: Kalkulator Tumbuh Kembang Anak.

2. Apakah boleh diberikan susu untuk mengejar pertambahan BBnya?

Tentu saja boleh. Jika anak Anda tidak alergi susu sapi, bisa diberikan susu formula yang berkalori tinggi. Karena susu formula banyak macamnya, sebaiknya pemilihannya didiskusikan dengan dokter anak Anda. Apalagi bila anak Anda memiliki alergi susu sapi. (Baca: Susu bagi Anak Alergi Susu Sapi)

3. Hanya tumbuh 1 gigi dan rambut sangat sedikit

Pertumbuhan gigi sangat variatif, rata-rata anak 1 tahun sudah memiliki 4-6 gigi, walaupun ada juga yang masih memiliki 2 gigi. Tetapi dari riwayat pertambahan BB yang kurang ditambah rambut yang sedikit (terlebih jika kering dan mudah rontok), ada kemungkinan ini adalah tanda dari kurang gizi.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak spesialis tumbuh kembang agar bisa dilihat pola pertumbuhan anak Anda, baik dari sisi fisik maupun yang lain (perkembangan motorik, bahasa, dan lainnya).

4. Susu soya bagi anak

Susu kedelai tidak dianjurkan bagi anak, karena kecukupan gizinya tidak selengkap susu sapi. Susu ini hanya dipakai bila anak tidak dapat meminum pilihan susu lain karena alergi atau karena vegetarian.

Kami sertakan pula beberapa artikel berikut untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam, 
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar