Sukses

Hipertiroid Pasca Persalinan?

17 Mar 2017, 10:05 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok, saya baru melahirkan anak kedua saya 4.5bln lalu, harapanya bs asi ekslusif sampai 2thn, tetapi saya didiagnosa hipertiroid dok oleh internis sy dgn hsl cek darah tshs cm 0.008, pertanyaan sy apakah sy menderita hipertiroid paska persalinan (PPT) atau apa ya dok, sblmnya sy tdk pernah mengidap hipertiroid? Dan saya takut obat yg sy konsumsi berpengaruh pd ASI saya dan bayi. Kemudian apa yg harus saya lakukan selain terapi obat spy tiroid saya bisa normal kembali. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Adapun untuk membuktikan apakah yang Anda alami benar-benar Postpartum Thyroiditis adalah hal yang sulit. Saat ini gejala hipertiroid yang dialami tidak ubahnya seperti hipertiroid pada umumnya. Namun, gejala khusus dari PPT adalah timbulnya fase hipotiroid pada saat gejala hipertiroid sudah lewat, hingga kemudian berakhir dengan fase eutiroid (hormon tiroid normal kembali). Umumnya eutiroid terjadi pada masa 1 tahun pasca persalinan. Bila perjalanan penyakit Anda seperti ini, maka barulah dapat dipastikan Anda mengalami PPT. Terutama bila memang benar sebelum kehamilan, Anda tidak pernah mengalami gejala hipertiroid sama sekali.

Adapun agar tiroid Anda normal saat ini, ikutilah petunjuk pengobatan dengan baik dari dokter spesialis penyakit dalam Anda. Obat propiltiourasil relatif aman digunakan saat menyusui, begitu pula obat metimazol. Namun pastikan kondisi anak, pertumbuhan dan perkembangannya terus terpantau rutin setiap bulan oleh dokter Anak.

 Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar