Sukses

Pengobatan Hipotiroid
17 Mar 2017, 03:05 WIB
Pria, 20 tahun.

Ibu saya berumur 49th, terkena penyakit hypo tyroid. Saya ingin bertanya, bagaimana cara mengobati penyakit tersebut dengan pengobatan herbal ataupun pengobatan secara ilmu dokter? Ibu saya sudah berobat tetapi hasil belum signifikan.

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Hingga kini, hipotiroid diobati dengan meminum obat yang serupa hormon tiroid, yaitu levotiroksin. Obat ini akan menggantikan kekurangan hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid.

Apakah ibu Anda sudah diberikan obat-obatan tersebut? 

Pada pengobatan ini, penderita akan diperiksa kadar hormon tiroidnya secara rutin. Dosis obat dimulai dari dosis rendah yang kemudian ditingkatkan secara perlahan hingga tercapai kadar yang sesuai. Sebagian besar mengalami perbaikan gejala setelah memulai pengobatan dan sebagian lainnya belum merasa membaik setelah beberapa bulan diobati.

Sudah berapa lama ibu Anda berobat?

Jika dosis obat sudah tercapai untuk mempertahankan kadar hormon tiroid yang normal, penderita perlu kontrol darah 1 tahun sekali.

Satu hal yang perlu diperhatikan, konsumsi obat ini umumnya 1 tablet sehari dan harus dikonsumsi di waktu yang sama setiap hari. Anjurannya dikonsumsi setiap pagi, walau sebagian orang lebih memilih untuk meminumnya di malam hari.

Efektifitas obat dapat dipengaruhi oleh obat-obatan lain, suplemen, atau makanan, karena itu sebaiknya diminum 30 menit sebelum makan saat perut kosong.

Jika dosis sempat terlupakan, segera minum ketika ingat. Batasannya sampai beberapa jam (2-3 jam) dari waktu biasanya. Jika benar-benar terlupakan, lewati dosis tersebut dan lanjutkan dosis berikutnya pada waktu biasanya.

Kondisi hipotiroid merupakan kondisi yang akan terus dialami, seperti juga hipertensi dan diabetes. Karena itu, levotiroksin perlu diminum seumur hidup.

Kami sertakan pula artikel berikut untuk menambah informasi Anda: Thyrax Untuk Hipotiroid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar