Sukses

Deteksi AIDS Lewat Pemeriksaan Sperma

17 Mar 2017, 05:37 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, saya mau nanya. Apakah AIDS bisa di tes lewat sperma ? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV.

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik.yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut. Pada beberapa tahun pertama, virus HIV ini mungkin tidak akan menimbulkan gejala apapun pada tubuh karena itu untuk mengetahui apakah seseorang telah terinfeksi HIV, dapat dilakukan beberapa pemeriksaan laboratorium.

Beberapa penelitian pernah dilakukan untuk mengetahui apakah pemeriksaan sperma dapat mendeteksi adanya HIV. Hasilnya menyebutkan bahwa DNA virus HIV tipe 1 (HIV-1) dapat ditemukan dalam analisa sperma, bahkan pada saat virus belum terdeteksi dalam tubuh. Namun, pemeriksaan ini belum menjadi pemeriksaan rutin yang dilakukan untuk mendeteksi HIV.

Pemeriksaan laboratorium rutin dilakukan untuk memeriksa HIV/AIDS adalah :

  • Antibodi terhadap HIV (bisa dilakukan dengan cara rapid test, ELISA, atau western blot)
  • CD4 (untuk mengetahui jumlah sel yang menjaga kekebalan tubuh, biasanya dipakai untuk mengevaluasi pengobatan)
  • Viral load (biasanya juga dipakai untuk evaluasi pengobatan)

Jika hasil tes positif, akan dikonfirmasi ulang hingga tiga kali. Namun jika tes negatif, dapat diulang 3 bulan kemudian, terlebih jika ada gejala yang mencurigakan, karena kemungkinan pasien sedang berada dalam periode jendela (window period) di mana sebenarnya seseorang sudah terinfeksi HIV, tetapi belum timbul antibodi dalam tubuhnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam.

 

0 Komentar

Belum ada komentar