Sukses

Batuk Berdahak, Apa Obatnya?

17 Mar 2017, 05:06 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamu alaikum dok.. 2 mggu ini awalnya saya batuk berdahak dan sy sudah mengkonsumsi Ambroxol,dexa,dan antibiotik lainnya, eh bukan nya sembuh lendir nya makin banyak, dan memburuk pada pagi hari , soalnya lendirnya kental dan sangat mengganggu di tenggorokan, nah dok kira2 obat yg harus aku konsumsi apa yah? sejauh ini aku juga terapi mandi air hangat

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter

Pada batuk berdahak, dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas. Karena itu, pengobatan batuk berdahak dilakukan untuk mengeluarkan dahaknya. Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sementara ekspektoran berfungsi merangsang batuk agar dapat mengeluarkan dahak. Selama proses pengobatan, pasien dapat merasakan bahwa dahaknya semakin banyak, karena tubuh didorong untuk mengeluarkan dahak yang sebelumnya tertahan tidak bisa keluar. Obat untuk batu berdahak, biasanya mengandung Ambroxol Hydrocloride atau Bromhexine Hydrocloride atau Dextrometorphan atau Gliserine Guaiacolsulfate.

Kami menyarankan Anda berkonsultasi kembali dengan Dokter agar memperoleh wawancara medis dan pemeriksaan yang lebih lengkap sehingga dapat ditentukan pengobatan yang sesuai. Untuk membantu pengeluaran dahak, sementara Kami sarankan Anda memperbanyak minum air hangat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar