Sukses

Myasthenia Gravis Dan Timoma

17 Mar 2017, 04:08 WIB
Wanita, 62 tahun.

Selamat pagi Dokter..saya o.s.myasthenia gravis sejak 2009..hasil scan ada tymoma 4Cm..hasil EMG positif MG..Dokter Konsul saya Alm.Prof.Tobing dan Prof Bob....diagnosa akhir adalah Pengangkatan kelenjar Tymoma...namun ortu saya tidak mendukung operasi tsb.Dalam hal saya anfal..sesak..lemah..sulit menelan..saya dirawat oleh seorang Dokter Umum yang masih kerabat saya dan konsumsi Mestinon....Saya ingin konsul dengan dokter.SS.lainnya..namun mrk menolak dan menganjurkan saya untuk operasi..Saat ini kondisi saya sering lemah n sesak.Apakah yg harus saya lakukan? Terimakasih.Salam

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Saudari yang terhormat,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebagian kasus myasthenia gravis memang disertai dengan adanya timoma (tumor kelenjar timus).

Myasthenia gravis merupakan suatu penyakit autoimun di mana terjadi gangguan komunikasi antara otot dengan saraf. Penyakit ini dapat terjadi pada semua orang, tidak mengenal jenis kelamin ataupun usia. Meski demikian, penyakit ini umum dialami wanita di bawah 40 tahun dan laki-laki di atas 60 tahun.

Penyakit ini biasanya mempengaruhi otot yang dapat kita kontrol seperti pergerakan mata, ekspresi wajah, mengunyah, menelan, dan berbicara. Gejala awal yang dapat muncul adalah turunnya kelopak mata pada satu mata atau kedua mata. Dapat muncul pula keluhan pandangan kabur atau pandangan ganda.

Secara medis, pengobatan Myasthenia Gravis yang disertai timoma memang dengan mengangkat tumor melalui operasi. Karena sebagain besar penderita Myasthenia akan hilang gejalanya dengan operasi pengangkatan timoma.

Namun demikian, bila Anda atau keluarga punya pertimbangan lain, hal itu adalah hak Anda. Silakan berkonsultasi lagi dengan dokter mengenai alternatif pengobatan agar penyakit Anda terkontrol baik.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar